KESUKAAN BESAR UNTUK SELURUH BANGSA

Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

LUKAS 2:8-15

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Kota apakah yang dimaksud dengan kota Daud?
  2. Selain malaikat, makhluk apa lagi kah yang dilihat oleh para gembala?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Lukas 2:11  ”Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.”

Tepat seperti yang telah dinubuatkan oleh para nabi, Yesus dilahirkan di kota Daud, dalam hal ini yang dimaksud oleh Lukas adalah kota Betlehem.

Lukas juga dengan jelas menyatakan bahwa Yesus adalah: Juruselamat, Kristus dan Tuhan.

Juru selamat: ya sesuai dengan tujuan Allah Bapa, Yesus turun ke bumi tujuanNya adalah agar melalui Yesus, maka setiap orang yang percaya akan menjadi selamat.

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.” (Yohanes 5:24).

Kristus: disini Lukas menyebut Yesus sebagai Kristus. Kristus berasal dari Christos, sebuah kata Yunani yang berarti “yang diurapi,” atau “yang dipilih.”

Alkitab juga beberapa kali menyebut Yesus sebagai Yesus Kristus, misalnya di Matius 1:1.

Dengan demikian jika Yesus adalah nama, maka Yesus Kristus berarti Yesus Yang Diurapi.

Yesus memang pernah diurapi minyak oleh manusia, dalam hal ini adalah Maria dari Betania.

Tetapi yang lebih penting, Yesus juga telah diurapi oleh Allah Bapa, seperti yang tertulis dalam Kisah Para Rasul 10:38 “yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.”

Tuhan: Lukas juga menyebut Yesus sebagai Tuhan.

Sesungguhnya ini adalah pernyataan iman. Saat ini banyak yang mengaku atau percaya bahwa Yesus adalah seorang yang baik, nabi, yang membangkitkan orang mati.

Tetapi untuk menyatakan bahwa Yesus adalah Tuhan, tentu hanya oleh iman.

1 Korintus 12:3b “…dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus.” Ya, hanya oleh anugerah Roh Kudus, maka kita dapat mengatakan bahwa Yesus adalah Tuhan.

Lukas 2:10  ”Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:”

Ya, kelahiran Yesus adalah kesukaan besar bagi seluruh bangsa, khususnya bagi kita yang percaya. Karena oleh anugerahNya kita diselamatkan dari hukuman kekal!

Saudara, dalam kelompok pemuridan ceritakan bagaimana engkau dulu mengenal Kristus dan memperoleh janji keselamatan dan pengampunan dosa. 

Pembacaan Alkitab Setahun

2 Korintus 1-4