KESAKSIAN YANG MEMBAWA ORANG KEPADA KRISTUS

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YOHANES 4:39-42

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Yohanes 4:39!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Oleh perkataan siapakah sehingga orang-orang di Samaria menjadi percaya kepada Yesus?
  2. Apakah yang dilakukan oleh perempuan Samaria sehingga orang-orang di Samaria menjadi percaya kepada Yesus?
  3. Apakah yang diyakini oleh orang-orang Samaria setelah mendengar kesaksian perempuan Samaria dan kesaksian perkataan Yesus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Rasul Yohanes menyatakan, melihat dan mengalami hidup yang kekal, itulah sebabnya dia bersaksi: ”Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami.” (1 Yohanes 1:2), karena sebelumnya dalam Yohanes 1:14 menyatakan bahwa: “Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.”

Apa yang dialami oleh Rasul Yohanes itulah yang ia saksikan kepada orang banyak.

Hal yang sama ketika perempuan Samaria berjumpa dengan Tuhan Yesus, bagaimana dosa-dosanya diampuni, demikian pula kehidupan masa lalunya sehingga dia percaya kepada Yesus adalah Mesias dan Juruselamat, maka ia mulai menyaksikan tentang Yesus kepada orang-orang di Samaria sehingga banyak orang-orang Samaria yang menjadi percaya.

Rasul Paulus bersaksi tentang Yesus yang menjadi satu-satunya Juruselamat karena dia telah berjumpa dengan Yesus dan dia taat untuk memberitakannya dan senantiasa bersaksi kepada setiap orang.

”Aku senantiasa bersaksi kepada orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani, supaya mereka bertobat kepada Allah dan percaya kepada Tuhan kita, Yesus Kristus.” (Kisah Para Rasul 20:21).

”Sebab itu, ya raja Agripa, kepada penglihatan yang dari sorga itu tidak pernah aku tidak taat.” (Kisah Para Rasul 26:19).

Kita juga harus bersaksi kepada setiap orang, lewat perkataan dan perbuatan kita dari apa yang telah kita alami dari karya Yesus di kayu salib dimana Dia telah mengampuni dan menebus kita dari dosa dan maut sehingga kita beroleh hidup yang kekal.

Melalui kesaksian kita banyak orang yang menjadi percaya kepada Yesus Kristus dan diselamatkan.

Kita harus menggumuli, mengupayakan serta pergi untuk bersaksi kepada setiap orang dimanapun kita berada dan Roh Kudus juga akan menolong kita dalam bersaksi.

”Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku.” (Yohanes 15:26-27).

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana pengalaman saudara dalam bersaksi kepada jiwa-jiwa yang terhilang.

Pembacaan Alkitab Setahun

Roma 4-7