MENGUSAHAKAN UNTUK INJIL DAPAT DIBERITAKAN

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KOLOSE 1:27-29

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang Allah mau beritahukan kepada orang-orang kudusNya?
  2. Siapakah yang diberitakan oelh Paulus dalam surat kepada jemaat di Kolose ini?
  3. Apa tujuan Paulus menasehati dan mengajari banyak orang?
  4. Apa yang digumulkan dan diusahakan oleh Paulus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Kolose 1:27-29 ini merupakan bagian dari perikop yang berjudul Pelayanan dan Penderitaan Paulus, surat ini ditulis Paulus kepada jemaat di Kolose untuk mengingatkan mereka akan rahasia Kristus yang disingkapkan kepada orang kudusNya.

Pengenalan yang semakin dalam akan Kristus yang dialami oleh Paulus memotivasi seluruh perjalanan misinya sehingga menghasilkan banyak murid-murid Kristus di berbagai tempat termasuk di Kolose ini.

Paulus tentu saja menghadapi berbagai rintangan dalam perjalanan yang dilakukannya demi Injil, namun kita tahu bahwa dia memegang visi yang Tuhan berikan dalam hidupnya.

Paulus tidak hanya memiliki visi tetapi dia juga mengeksekusi seluruh visi yang didapatkan dari Tuhan dengan bekerja begitu keras dan fokus.

Dia menyadari bahwa kuasaNya telah bekerja dengan kuat di dalam hidupnya sehingga dengan segala tenaga mengusahakan dan menggumulkan agar Kristus dapat diberitakan melalui kehidupannya.

Paulus menyadari sejak perjumpaannya dengan Kristus bahwa dia memiliki panggilan untuk memberitakan Injil Kerajaan dalam hidupnya, dan itulah yang dipikirkannya setiap hari, direncanakan dan dijalankannya sehingga kita bisa melihat hasilnya hari ini dengan bertambah banyaknya murid-murid Kristus.

Kita semua memiliki visi untuk Indonesia dan bangsa-bangsa penuh kemuliaanNya, itulah yang kita doakan setiap menghadiri persekutuan doa, tetapi tentu tidak cukup hanya kita doakan, kita perlu mengeksekusinya dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud dari iman kita.

Apakah kita terus setia memuridkannya untuk memimpin orang kepada kesempurnaan dalam Kristus?

Bila kita berhenti sampai tahap mendoakannya saja apakah itu seperti yang diteladankan oleh Paulus?

Mari kita baca dan renungkan bersama ayat ini: “Kristus itulah yang kami beritakan kepada setiap orang. Kami mengingatkan dan mengajar mereka semuanya dengan segala kebijaksanaan. Tujuan kami ialah supaya setiap orang dapat dibawa kepada Allah, sebagai orang yang dewasa dalam hal-hal rohani, karena sudah bersatu dengan Kristus. Untuk mencapai hal itu saya bekerja keras. Saya berjuang dengan seluruh tenaga yang diberikan Kristus kepada saya dan yang bekerja dalam diri saya dengan penuh kuasa.” (Kolose 1:28-29, Indonesia BIS).

Jadilah dewasa dalam hal-hal rohani sehingga menghasilkan murid-murid Kristus sebagai perwujudan tercapainya mandat regenerasi yang Tuhan berikan.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Yohanes 5-6