WASPADA TERHADAP PARA PENGAJAR PALSU

Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

2 KORINTUS 13:1-4

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Mengapa orang di Korintus membutuhkan bukti?
  2. Mengapa Paulus menyebut dirinya lemah?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Pada waktu rasul Paulus melayani di Korintus, Paulus mendapati begitu banyak nabi-nabi palsu yang berusaha untuk menyesatkan jemaat di Korintus.

Tentang hal ini kita bisa membaca di Kitab 2 Korintus pasal 11.

Seperti misalnya ditulis di ayat 4: “Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.”

Itulah sebab Paulus menulis di 2 Korintus 13:3  “Karena kamu ingin suatu bukti, bahwa Kristus berkata-kata dengan perantaraan aku, dan Ia tidak lemah terhadap kamu, melainkan berkuasa di tengah-tengah kamu.”

Ada suatu masa dimana banyak orang Yahudi meragukan keabsahan Paulus sebagai rasul dan sebenarnya mereka juga meragukan Firman yang disampaikan oleh Paulus.

Dan hal tersebut disebabkan adanya para pengajar palsu yang memberitakan Injil yang berbeda.

Jika di jaman gereja yang mula-mula telah terjadi penyesatan, Alkitab juga menyatakan bahwa di masa akhir jaman juga akan muncul nabi-nabi atau pengajar palsu.

1 Timotius 4:1  ”Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan.”

Matius 24:11  ”Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.”

Untuk itu perlu umat Tuhan untuk tetap waspada, jika ada orang yang mengajarkan “kebenaran” dengan nilai-nilai yang berbeda dengan kebenaran yang selama ini sudah diyakini.

Renungkan dan mohon  pencerahan Roh Kudus. Atau bertanya kepada para hamba Tuhan yang kita percaya.

1 Yohanes 4:1  ”Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.”

Tetaplah waspada tanpa harus menghakimi siapa pun.

Saudara, dalam kelompok pemuridan ceritakan pengalamanmu, jika engkau pernah mendengar tentang pengajaran palsu.

Pembacaan Alkitab Setahun

Lukas 23-24