TANDA DAN MUJIZAT OLEH KUASA ROH KUDUS

Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

ROMA 15:17-21

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Hal apa yang menyebabkan Paulus sampai harus “memamerkan” pelayanan yang disertai tanda dan mujizat?
  2. Hal penting apakah yang Paulus lakukan, yang mengiringi pelayanan dengan manifestasi tanda dan mujizat?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Roma 15:18-19a  ”Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memimpin bangsa-bangsa lain kepada ketaatan, oleh perkataan dan perbuatan, oleh kuasa tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh kuasa Roh.”

Tanda-tanda dan mujizat acapkali muncul di Alkitab.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan tanda-tanda? Tanda-tanda adalah peristiwa khusus yang “menandakan” bahwa sesuatu yang ajaib sedang terjadi.

Itu adalah tanda (sign, dalam Bahasa Inggris) yang artinya petunjuk tentang apa yang Roh Kudus sedang kerjakan.

Dan mengikuti tanda-tanda adalah mujizat atau mukjizat sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia.

Tanda dan mujizat yang didemonstrasikan oleh para rasul semuanya berasal dari Roh.

Mereka menjadi saluran Roh Allah untuk memanifestasikan kehadiran dan kuasa-Nya.

Adapun tujuan dari manifestasi kuasa Roh tersebut itu antara lain untuk:

  1. Untuk membuktikan bahwa Yesus adalah Tuhan. Kisah Para Rasul 2:22  “Hai orang-orang Israel, dengarlah perkataan ini: Yang aku maksudkan, ialah Yesus dari Nazaret, seorang yang telah ditentukan Allah dan yang dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mujizat-mujizat dan tanda-tanda yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan Dia di tengah-tengah kamu, seperti yang kamu tahu.”
  2. Untuk mendukung Firman Tuhan. Markus 16:20  “Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya”.
  3. Untuk menegaskan bahwa Allah menyertai umat-Nya di Perjanjian Baru, sama seperti ketika Dia menyertai umat-Nya di masa Perjanjian Lama. Ulangan 6:22  “TUHAN membuat tanda-tanda dan mujizat-mujizat, yang besar dan yang mencelakakan, terhadap Mesir, terhadap Firaun dan seisi rumahnya, di depan mata kita.”

Tanda-tanda dan mujizat itu akan terus berlangsung hingga akhir jaman.

Bahkan jika kita membaca Kitab Wahyu, di masa akhir jaman nanti, Roh Allah akan banyak melakukan tanda-tanda dan mujizat melalui para murid-Nya.

Saudara, dalam kelompok pemuridan ceritakan pengalamanmu, jika ada, ketika engkau melihat tanda-tanda atau mengalami mujizat Tuhan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Lukas 21-22