BERKATA-KATA DENGAN HIKMAT

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 KORINTUS 12:7-10

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah 1 Korintus 12:8.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Untuk kepentingan siapakah Allah memberikan karunia penyataan Roh kepada kita?
  2. Coba sebutkan 9 karunia penyataan Roh yang Allah berikan kepada kita?
  3. Dalam menyampaikan Kabar Baik kita membutuhkan berkata-kata dengan perkataan hikmat. Apakah maksudnya berkata-kata dengan hikmat dan apakah fungsinya?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Yesaya berakata bahwa Yesus yang datang ke dunia ini memiliki 7 Roh Allah, diantaranya, Roh Tuhan, roh hikmat, roh pengertian, roh nasihat, roh keperkasaan, roh pengenalan akan Tuhan dan roh takut akan Tuhan.

“Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN” (Yesaya 11:1-2).

Bagi setiap orang yang percaya dan memiliki Yesus di dalam hati mereka maka mereka juga memiliki ketujuh Roh yang dimiliki oleh Yesus.

Dan kita harus menyadari betul tentang kebenaran ini.

Dan di dalam menyampaikan Kabar Baik kita harus bergerak bersama-sama dengan roh hikmat sehingga kita dapat berkata-kata dengan hikmat, yang mampu menyingkapkan kebenaran Tuhan sehingga orang-orang akan memahami kebenaran Tuhan tentang Yesus dan karya-Nya di kayu salib.

Itulah sebabnya dalam Perjanjian Lama hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki hikmat yang luar biasa seperti Salomo dan Daniel.

Namun saat ini, semua orang yang percaya yang memiliki Roh Tuhan mereka juga memiliki hikmat dari Tuhan sehingga kita dapat menyampaikan perkataan hikmat untuk meyakinkan orang akan Injil Kabar Baik.

”Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh.” (I Korintus 2:4).

Kita perlu berjalan dan berkata-kata dengan hikmat karena dalam menyampaikan Kabar Baik kita berhadapan dengan kuasa si jahat dam membuat orang-orang menentang pengenalan akan Allah tapi hikmat tersebut dapat menghancurkan benteng-benteng tersebut.

Hikmat itu terus bertumbuh dari dalam kita karena persekutuan yang dalam dengan Firman Tuhan sehingga kita senantiasa memiliki kata-kata hikmat unutk menghancurkan pekerjaan roh-roh jahat.

”Sebab Aku sendiri akan memberikan kepadamu kata-kata hikmat, sehingga kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu.” (Lukas 21:15).

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara bertumbuh dalam berkata-kata hikmat untuk menyampaikan Kabar Baik.

Pembacaan Alkitab Setahun

Lukas 4-5