MEMBUANG KATA-KATA KOTOR DARI MULUT KITA

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KOLOSE 3:7-10

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang dahulu sering dilakukan oleh orang-orang percaya di Kolose?
  2. Apa yang harus di buang dari kehidupan jemaat Kolose?
  3. Apa yang jangan lagi dilakukan oleh karena kita sudah menjadi manusia baru?
  4. Apa yang terjadi dengan manusia baru kita?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, karena kita sudah mengalami kelahiran kembali, maka kita sekarang menjadi manusia baru di dalam Kristus.

Karenanya, maka kita oleh pekerjaan Roh Kristus kita akan mengalami pembaharuan dan pemulihan dari hari ke hari, rasul Paulus mengatakan dalam tulisannya:

Efesus 3:17 ”sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih.”

Galatia 2:19b-20 ”Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.”

Saudara, oleh Roh Kudus atau Roh Kristus itu, maka kita mengalami pembaharuan dari ke hari.

Rasul Paulus juga menuliskan apa yang pernah dituliskan oleh Nabi Yehezkiel pada Perjanjian Lama yaitu apa yang Tuhan Allah Yahwe akan lakukan dalam hidup orang percaya.

Roma 8:26-30 ”Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus. Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.”

Oleh Roh Kristus itu, maka kita mengalami pemulihan, penyucian dan pembenaran dan kita mengalami kemerdekaan oleh kebenaran yang menjadikan kita kudus.

Oleh karena itu, marilah kita membuang kata-kata kotor yang sudah tidak patut lagi keluar dari mulut kita.

Yakobus 3:9-12 ”Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah, dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi. Adakah sumber memancarkan air tawar dan air pahit dari mata air yang sama? Saudara-saudaraku, adakah pohon ara dapat menghasilkan buah zaitun dan adakah pokok anggur dapat menghasilkan buah ara? Demikian juga mata air asin tidak dapat mengeluarkan air tawar.”

Oleh karena Roh Kristus itu ada di dalam kita, sudah tidak patut lagi kita berbicara dengan kata-kata kotor yang  keluar dari mulut kita dan sudah sepatutnya kata-kata yang baik dan benar yang keluar dari mulut kita.

Haleluya, Puji Tuhan, Amen.

Apakah mungkin anak-anak Tuhan berbicara kotor? Apa sebabnya?

Pembacaan Alkitab Setahun

Markus 1-3