MENGAJAR DAN MENEGUR DENGAN SEGALA HIKMAT

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KOLOSE 3:14-17

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang harus kita kenakan sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan?
  2. Mengapa damai sejahtera Kristus harus memerintah dalam hati kita?
  3. Bagaimana kita dapat mengajar dan menegur seroang akan yang lain?
  4. Segala sesuatu yang kita lakukan dengan perkataan dan perbuatan harus bagaimana?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Mengajar dan menegur adalah bagian dari proses pemuridan yang Tuhan ingin kita kerjakan sebagai bagian dalam membangun Kerajaan Allah.

Kita bersyukur bahwa kelompok pemuridan membuat kita tidak hanya belajar tetapi juga dibimbing sehingga menjagai keputusan dan tindakan kita tetap dalam kebenaranNya.

Kita bisa banyak belajar kebenaran Tuhan melalui berbagai sumber seperti youtube, buku atau media audio lainnya, kita bisa memilih channel Youtube sesuai “kesukaan” kita siapa yang ingin kita dengar dan lihat pengajarannya.

Namun media dan buku tidak bisa melihat kehidupan kita sesungguhnya, pergumulan kita juga tidak diketahui, semua media merupakan pengajaran satu arah yang hanya bisa memberikan kita pengajaran.

Roh Kudus memang bisa  bekerja melalui media yang kita lihat atau buku yang kita baca namun siapa yang  bisa menegur kita selain Roh Kudus yang lembut? Tentunya adalah saudara seiman, pemimpin atau pembimbing PA kita.

Kita bersyukur memiliki kelompok pemuridan dimana kita dapat mengajar dan menegur serta diajar dan ditegur, komunitas ini membuat kita tidak mudah disesatkan karena bila kita salah ada yang menegur dan mengarahkan.

Jadi seharusnya di dalam komunitas tidak ada orang yang hanya mau mengajar dan menegur tetapi tidak mau diajar dan ditegur.

Untuk dapat mengajar dan menegur dengan baik,  firman Tuhan hari mengingatkan agar kita memiliki perkataan Kristus yang diam dengan segala kekayaannya diantara kita, sehingga dengan segala hikmat kita dapat melakukannyan.

Mengajar dan menegur perlu persiapan, dalam arti persiapan yang harus kita bangun setiap hari melalui pembacaan dan perenungan firman Tuhan, selain persiapan khusus untuk suatu acara apabila kita diminta mengajar.

Hikmat Tuhan pasti akan memperlengkapi ketika kita melayani namun Tuhan menggunakan apa yang pernah kita pelajari dan lakukan ketika memberikan hikmatNya agar kita dapat mengajar dan menegur dengan tepat sesuai kehendakNya.

Mengajar dan menegur dengan sembarangan tanpa hikmat Tuhan membuat saudara yang diajar dan ditegur dapat salah mengerti dan tidak jarang menimbulkan perselisihan dan kekecewaan.

Maksud kita mungkin baik tetapi karena cara dan kata-katanya tidak tepat justru membuat masalah baru.

Mari kita berlatih dengan baik untuk mengajar dan menegur dalam kelompok pemuridan atau persekutuan.

Mari kita juga siap untuk diajar dan ditegur karena itulah yang seharusnya terjadi dalam suatu komunitas yang bertumbuh. 

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Matius 13-14