MENJADI SAKSI-KU SAMPAI KE UJUNG BUMI

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 1:8-11

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Kisah Para Rasul 1:8.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang kita peroleh dari Allah ketika Roh Kudus turun atas kehidupan kita?
  2. Untuk apakah kuasa itu diberikan kepada kita?
  3. Dimanakah tempat kita untuk bersaksi dan menurut saudara apakah maksud tempat-tempat tersebut?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Ketika Yesus akan naik ke sorga, Dia berjanji untuk memberikan Roh Kudus-Nya agar mereka beroleh kuasa untuk bersaksi kepada dunia ini tentang apa yang Yesus telah lakukan buat mereka.

Kuasa tersebut merupakan kekuatan Allah yang dapat memampukan mereka menjadi saksi, menggerakkan dan memberikan semangat untuk bersaksi disertai dengan tanda-tanda dan mujizat dimana orang yang sakit disembuhkan, kuasa si jahat yang membelenggu banyak orang dapat dihancurkan dan kuasa iblis dibinasakan sehingga orang-orang dilepaskan dari belenggu setan seperti kuasa yang diberikan kepada Yesus.

”yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.” (Roma 10:38).

Menjadi saksi Kristus mulai dari Yerusalem dan Yudea dan Samaria dan sampai seluruh ujung bumi.

Tuhan ingin agar Yerusalem yaitu seisi rumah kita dapat mendengar dan menerima kabar baik dan seluruh keluarga besar kita menjadi percaya kepada Yesus, seperti yang dialami oleh kepala penjara Filipi dimana dia dan seisi rumahnya menjadi percaya kepada Tuhan.

Dari Yerusalem, Tuhan ingin kita menjangkau Yudea yaitu orang-orang di sekitar kita: di tetangga, kampus, sekolah, tempat kerja dan bisnis juga Samaria yaitu ke suku-suku yang lain, yang terabaikan, kota-kota dan pulau-pulau yang lain dan sampai ke ujung bumi yaitu dunia dan bangsa-bangsa.

Untuk memulainya maka kita harus berdoa dan memohon arahan Tuhan sehingga setiap saat Roh Kudus mengerahkan kita untuk bersaksi ke tempat-tempat lain juga ke ujung bumi.

”Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.” Oleh karena disuruh Roh Kudus, Barnabas dan Saulus berangkat ke Seleukia, dan dari situ mereka berlayar ke Siprus. Setiba di Salamis mereka memberitakan firman Allah di dalam rumah-rumah ibadat orang Yahudi. Dan Yohanes menyertai mereka sebagai pembantu mereka. Mereka mengelilingi seluruh pulau itu sampai ke Pafos.” (Kisah Para Rasul 13:2,4-6a).

Tuhan ingin agar kita menjadi saksi Kristus sampai ke ujung bumi karena setiap suku, kaum, bahasa dan bangsa harus datang menyembah Yesus.

Diskusikanlah dalam komunitas Saudara, hal-hal apakah yang sudah Saudara upayakan agar menjadi saksi Tuhan sampai ke ujung bumi.

Pembacaan Alkitab Setahun

Mikha 1-7