SUDAH TIBA SAATNYA UNTUK MENUAI

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

Wahyu 14:14-20

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Wahyu 14:15.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang ada di kepala dan di tangan dari Anak Manusia?
  2. Apakah perkataan dari seorang malaikat dari Bait Suci kepada Anak Manusia?
  3. Apakah yang dilakukan oleh Anak Manusia dan apakah yang terjadi bagi bumi?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

”Datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di surga”, demikianlah yang menjadi isi dari Doa Bapa Kami yang diajarkan oleh Tuhan Yesus, sehingga segala sesuatu yang terjadi dan diputuskan oleh Bapa di sorga harus diwujudkan di muka bumi.

Dan pada hari-hari terakhir ini Allah sudah memutuskan bahwa musim menuai di bumi sudah tiba karena terlalu banyak kejahatan manusia yang memberontak kepada Tuhan diantaranya munculnya kelompok LGBT-Q yang melawan ketetapan Tuhan tentang gender, orang-orang memiliki agama namun pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatan sebuah agama sehingga mereka menjadi pribadi-pribadi yang tidak mempedulikan agama, orang-orang tidak mau mencintai Tuhan tetapi mencintai diri sendiri dan mencintai uang dan dunia dengan segala isinya sehingga mereka menjadi sombong.

Namun karena kasih Allah yang tidak terbatas maka Allah mau agar manusia tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal, itulah sebabnya Injil harus diberitakan kepada dunia ini. Saat ini sorga telah menyatakan bahwa bumi harus dituai karena sudah masak.

”Maka keluarlah seorang malaikat lain dari Bait Suci; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada Dia yang duduk di atas awan itu: “Ayunkanlah sabit-Mu itu dan tuailah, karena sudah tiba saatnya untuk menuai; sebab tuaian di bumi sudah masak.” Dan Ia, yang duduk di atas awan itu, mengayunkan sabit-Nya ke atas bumi, dan bumi pun dituailah.” (Wahyu 14:15-16).

Hari ini kita harus menangkap kerinduan hati sorga untuk menuai tuaian yang sudah masak di bumi dengan cara pergi dan memberitakan Injil seperti yang dilakukan oleh Yesus dalam Markus 1:39: ”Lalu pergilah Ia ke seluruh Galilea dan memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan-setan.” Hal yang sama dilakukan murid-murid-Nya dalam Markus 16:20: ”Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.”

Marilah kita menuai tuaian di bumi yang sudah masak di tempat dimanapun kita berada, baik di sekolah, di kampus, di tempat kita bekerja, di lingkungan rumah kita, juga di dalam keluarga kita.

Juga di kota dan desa dimana pun Tuhan mengizinkan untuk berada disana, di pulau-pulau dan bangsa-bangsa lain.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana dan apa yang saudara akan lakukan untuk mewujudkan keinginan sorga untuk menuai tuaian di bumi ini.

Pembacaan Alkitab Setahun

Amos 1-5