MELAYANI SEISI RUMAH

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 16:13-15

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang dilakukan oleh Paulus suatu kali pada hari Sabat?
  2. Apa yang para rasul itu lakukan?
  3. Apa pekerjaan Lidia yang turut berbincang dengan Paulus dan Silas?
  4. Lidia di baptis bersama dengan siapa?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, Tuhan Yesus pernah mengutus murid-muridNya berdua-dua untuk memberitakan Injil.

Lukas 10:5-9 ”Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini. Dan jikalau di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah. Dan jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu, dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.”

Saudara, tugas orang sebagai pemberita Injil adalah memberitakan Injil kepada seseorang yang rindu mendengarkan atau kepada orang-orang yang ingin meminta pertanggungjawaban dari Iman dan jika kita menyadari bahwa kita adalah utusan Yesus Kristus sebagai pemberita kabar baik.  

Ketika kita memasuki rumah maka hal yang pertama kita lakukan adalah membagikan salam yaitu Shalom.

Jika ada seseorang yang menerima Shalom kita, maka Shalom itu akan turun ke atas orang itu.

Jika tidak, maka keluarlah kita dari rumah yang kita masuki itu.

Ketika kita memasuki rumah seseorang dimana mereka senang menerima kita, maka selama kita ada di rumah itu dan kunjungan ke kota itu, kita dianjurkan untuk tidak berpindah-pindah selama berkunjung.

Saudara, sebagai penginjil yang akan memberitakan kabar baik, maka sebaiknya kita tidak berpindah-pindah selama berada di kota itu dan hanya menumpang di rumah itu.

Tugas kita adalah menyembuhkan yang sakit dan mengusir setan-setan yang merasuki orang-orang yang ada di dalam rumah keluarga itu.

Kita juga makan apa yang dihidangkan untuk dimakan, apapun makanan yang disuguhkan tuan rumah maka patut dan harus dimakan.

Ada beberapa daerah, jika mereka menghidangkan makanan maka para pemberita Injil harus memakannya walaupun sebenarnya kita tidak suka dengan makanan itu.

Ketika kita menolak untuk memakan makanan itu, maka mereka mengatakan bahwa kita menolak mereka dan dapat dipastikan bahwa orang-orang itu tidak akan senang kita berada dirumahnya sehingga mereka akan menolak Injil yang diberitakan.

Mengapa Yesus menyatakan bahwa kita tidak diperbolehkan berpindah-pindah rumah selama periode pemberitaan Injil?

Karena ada kemungkinan Injil yang diberitakan akan diterima oleh seisi rumah itu walaupun tidak sekaligus semua isi rumah langsung percaya dalam sehari.

Adakalanya semua seisi rumah percaya setelah beberapa kali berkunjung sehingga dianjurkan untuk tidak berpindah-pindah tetapi menetap dalam satu rumah sampai seluruh isi rumah diselamatkan.

Para penginjil bisa tinggal atau memasuki rumah lainnya pada periode berikutnya.

Demikianlah aturan yang Yesus katakan dalam Kitab Matius dan Kitab Lukas.

Beritakanlah Kabar Baik atau Injil Keselamatan itu kepada semua orang, terutama kepada orang-orang yang belum pernah mendengarkan Injil, agar semua orang bisa mendengarkan pemberitaan Injil sehingga diselamatkan oleh iman mereka karena sudah pernah mendengar dari para penginjil atau membaca traktat yang dibagikan ketika pekabaran Injil dilakukan.

Haleluya, Puji Tuhan, Amen.

Apa yang menyebabkan pekabaran Injil terkadang mendapatkan respon yang baik dan menghasilkan petobat-petobat dan orang percaya baru, namun adakalanya tidak ada hasilnya? Apa yang menjadi kendalanya?

Pembacaan Alkitab Setahun

Daniel 1-3