SEISI RUMAH DI SELAMATKAN

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 16:27-32

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang terjadi di penjara sehingga membuat kepala penjara ingin bunuh diri?
  2. Apa yang dilarang oleh Rasul Paulus?
  3. Apa yang ditanyakan oleh kepala penjara kepada Paulus dan Silas?
  4. Mengapa seluruh keluarga bisa mengalami keselamatan, jika satu orang di rumah itu sudah di selamatkan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, ketika seseorang mendengar berita kabar baik yaitu Injil Keselamatan dan percaya karena iman yang timbul dari pendengaran akan Injil Keselamatan, maka orang itu dianugerahkan kehidupan baru karena imannya kepada Kristus dan Kristus tinggal di dalam hidupnya.

Efesus 3:17 ”sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih.”

Iman yang menyelamatkan membuat seseorang itu mengalami perubahan.

Kehidupan yang baru membuat seseorang itu mengalami perubahan dan pemulihan.

Seseorang itu dikuduskan, dibenarkan bahkan dimuliakan karena pekerjaan Roh Kudus yang hidup di dalam dia.

Yehezkiel 36:25-27 ”Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.”

Saudara, dari kebenaran yang kita baca di atas, kita bisa lihat bagaimana karya Tuhan atas hidup kita.

1 Korintus 6:19-20 ”Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”

Saudara, jadi jelas bagi kita bagaimana Tuhan yang sangat aktif untuk menguduskan kita.

Dia  juga yang membenarkan kita karena iman kita percaya kepada Yesus Kristus.

Roma 5:18-19 ”Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup. Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar.”

2 Korintus 5:21 ”Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.”

Saudara, bagaimana Tuhan melakukan segalanya buat kita? Dari sejak dahulu kala, Tuhan telah merencanakan penebusan, pembenaran bahkan Dia ingin memuliakan kita.

Lewat karya-Nya dalam hidup seseorang, maka keselamatan yang hadir dalam hidup orang itu menjadi kesaksian bagaimana Tuhan ingin agar seluruh isi rumah orang itu mengalami keselamatan.

Tuhan menginginkan keselamatan itu terjadi dalam satu rumah yaitu seisi rumah orang percaya itu mengalami keselamatan karena hidup orang percaya itu mengalami perubahan yang menjadi kesaksian yang dapat dilihat, didengar dan dirasakan sehingga seisi rumah juga memperoleh keselamatan.

Roma 8:29-30 ”Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.”

Saudara, dari ayat-ayat firman Tuhan di atas, kita bisa melihat bagaimana Tuhan berkarya dalam keselamatan bagi manusia.

Dia yang berperan aktif dan kita menjadi orang yang beruntung karena kasih Allah yang tidak terbatas mengusahakan keselamatan bagi kita.

Bahkan Dia, Bapa yang baik, mengusahakan keselamatan bagi seluruh keluarga kita atau seisi rumah kita.

Haleluya, Puji Tuhan. Amen.

Apa yang menjadi penghalang sehingga seisi rumah tidak mengalami keselamatan?

Pembacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 43-45