MENJADI TERANG BAGI SEISI RUMAH

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MATIUS 5:13-16

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa nasib garam yang kehilangan rasa asinnya?
  2. Apa fungsi garam?
  3. Apa fungsi terang?
  4. Apa yang menyebabkan orang-orang bisa ikut memuliakan Bapa yang di sorga?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, garam itu memberi rasa asin bagi makanan yang hambar.

Garam juga bisa menghambat proses pembusukan, contohnya ikan asin.

Terang adalah musuh dari kegelapan. Kegelapan akan sirna ketika terang hadir di daerah kegelapan itu.

Saudara, ketika satu lampu yang berpindar, maka tidak ada orang menyimpan lampu yang berpindar dan di letakkan di bawah kolong.

Lampu yang berpindar di letakkan di atas atau di ketinggian, supaya lampu itu bisa menerangi seluruh lokasi dimana lampu itu di letakkan.

Lampu bisa menjadi penerang bagi seluruh rumah.

Kisah Para Rasul 16:31 ”Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”

Saudara, kutipan ayat firman Tuhan ini di tulis oleh Lukas yang bersumber dari pernyataan rasul Paulus ketika rasul Paulus keluar dari penjara di Filipi.

Ketika rasul Paulus mengabarkan Injil di daerah Filipi, dia ditangkap oleh penguasa setempat karena ada orang merasa dirugikan oleh rasul Paulus.

Paulus ditangkap, disiksa dan dimasukkan dalam penjara.

Kisah Para Rasul 16:25-30 ”Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka. Akan tetapi terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah; dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka semua. Ketika kepala penjara itu terjaga dari tidurnya dan melihat pintu-pintu penjara terbuka, ia menghunus pedangnya hendak membunuh diri, karena ia menyangka, bahwa orang-orang hukuman itu telah melarikan diri. Tetapi Paulus berseru dengan suara nyaring, katanya: “Jangan celakakan dirimu, sebab kami semuanya masih ada di sini!” Kepala penjara itu menyuruh membawa suluh, lalu berlari masuk dan dengan gemetar tersungkurlah ia di depan Paulus dan Silas. Ia mengantar mereka ke luar, sambil berkata: “Tuan-tuan, apakah yang harus aku perbuat, supaya aku selamat?”

Pertanyaan inilah yang di jawab oleh Rasul Paulus seperti yang ditulis oleh Lukas dalam Kisah Para Rasul 16:31 yang telah kita baca sebelumnya.

Dimana ketika seorang percaya kepada Yesus beroleh keselamatan, maka seisi rumah akan menerima keselamatan dari Allah.

Seorang yang diselamatkan karena percaya kepada Yesus Kristus menjadikan dia mengalami kehidupan yang baru yang dapat memberikan pengaruh kepada keluarganya.

Pengaruh yang baik tersebut akan dirasakan oleh seisi rumahnya dan seisi rumahnya akan merasakan keindahan dari hidup baru.

Kehidupan baru yang dihasilkan oleh keselamatan karena iman akan mempengaruhi orang-orang di sekitarnya.

Kehidupan baru karena iman yaitu percaya kepada Yesus Kristus akan terpancar seperti seberkas sinar atau terang.

Terang Kristus akan terpancar dari orang yang percaya kepada Yesus Kristus.

Mengapa bisa terjadi? Rasul Paulus menuliskan pernyataan dirinya ketika percaya kepada Yesus Kristus:

Galatia 2:19B-20 Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.”

Kristus yang hidup dalam orang percaya akan membuat dia berbinar seperti terang yang dapat berbinar dalam kegelapan yang dapat menerangi seluruh rumah dimana orang percaya itu berada.

Pancaran sinar dari Kristus yang hidup dalam orang percaya akan menerangi semua kegelapan yang ada di sekitarnya sehingga semua orang akan terpengaruh oleh kesaksiannya.

Kesaksian itu berperang seperti sinar atau terang yang terpancar dari orang percaya itu yang akan mempengaruhi atau menerangi orang-orang yang berada di rumah dimana orang percaya itu berada.

Terang yang diletakkan di atas tempat yang tinggi akan menerangi seluruh rumah.

Haleluya, Puji Tuhan, Amen.

Apakah yang menyebabkan seorang yang telah percaya dan lahir baru tidak berfungsi untuk menyelamatkan seluruh keluarganya?

Pembacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 40-42