BERITAKAN PERBUATAN TUHAN ATAS HIDUP KITA

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MARKUS 5:18-20

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Mengapa orang yang telah sembuh itu meminta supaya Yesus mengizinkan dia mengikuti dan menyertai Yesus?
  2. Mengapa Yesus tidak mengizinkan Dia?
  3. Apa yang Yesus perintahkan kepadanya?
  4. Apa yang orang itu lakukan setelah dia disembuhkan?
  5. Apa dampaknya?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, kita telah membaca apa yang terjadi kepada rombongan Yesus Kristus ketika mereka sedang menuju Gerasa, tempat tinggal orang yang kerasukan itu.

Kapal mereka di serbu oleh topan yang dahsyat dan ombak yang menyembur masuk ke dalam kapal.

Apakah ini kejadian yang biasa terjadi di danau ini?

Atau kejadian ini berkaitan dengan rencana Yesus yang hendak melepaskan orang kerasukan setan yang ada di Gerasa?

Saya pikir, kejadian ini adalah kejadian yang dibuat oleh setan supaya perjalanan mereka gagal sampai ke Gerasa.

Murid-murid sangat ketakutan.

Ketika Yesus sedang tertidur di buritan kapal, murid-murid membangunkan Yesus.

Markus 4:37-41 ”Lalu mengamuklah taufan yang sangat dahsyat dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air. Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-murid-Nya membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya: “Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?” Iapun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: “Diam! Tenanglah!” Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali. Lalu Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?” Mereka menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain: “Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?”

Saudara, kalau Yesus hendak melayani saja, setan mengganggu perjalanan-Nya.

Apakah iblis atau setan tidak mengganggu kalau kita hendak melayani?

Hal yang sama juga terjadi bagi kita murid-muridNya.

Setan tidak menginginkan murid-murid Yesus bebas beribadah dan bebas untuk mengabarkan kabar baik yaitu Injil Kerajaan dimanapun kita berada.

Setan akan berusaha menggagalkan pemberitaan Injil yang dimulai dengan menggerakkan topan dalam pelayanan murid-murid Yesus Kristus.

Topan apa saja yang mengganggu murid-murid Yesus saat ini?

Berbagai topan sebagai reaksi setan dan pengikut-pengikut iblis untuk menghalangi murid-murid Yesus memberitakan kabar baik.

Ada yang disebut kemapanan hidup pada orang-orang percaya yaitu murid-murid Yesus di zaman ini.

Kemapanan hidup menyelewengkan arah pelayanan Gereja kearah yang tidak lagi mencari jiwa-jiwa yang hilang, tetapi bagaimana supaya sukses dalam pekerjaan dan karir sehingga melupakan jiwa-jiwa yang terhilang di sekitar mereka.

Murid-murid Yesus menjadi sibuk berbicara tentang Seven Or Eight Mountain sehingga melupakan jiwa-jiwa yang di sekitar mereka.

Gereja sibuk dengan berbagai angin pengajaran yang saling menyesatkan sehingga jemaat mengalami kebingungan mengenai dogma dan aliran mana yang benar dan yang sesat.

Pemimpin-pemimpin Gereja saling menuduh sesat kepada yang lain dan ajaran siapa yang benar.

Gereja yang lain sibuk membenahi gedung ibadah, membenahi sound system, lighting dan kecanggihan peralatan untuk ibadah sehingga melalaikan panggilan mereka.

Dahulu mereka sibuk dengan pemuridan dan misi, tetapi sekarang arahnya mulai pembenahan ke dalam.

Selain itu, banyak juga yang sibuk dengan bermisi, namun arahnya memberitakan Injil kepada orang-orang yang sudah percaya Kristus dan mengabaikan yang belum mendengar Injil Keselamatan atau Injil Kerajaan.

Saudara, mereka sibuk dengan teologi namun mengabaikan nubuatan-nubuatan para nabi pada zaman dahulu.

Yesaya 42:10-12 ”Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN dan pujilah Dia dari ujung bumi! Baiklah laut bergemuruh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya. Baiklah padang gurun menyaringkan suara dengan kota-kotanya dan dengan desa-desa yang didiami Kedar! Baiklah bersorak-sorai penduduk Bukit Batu, baiklah mereka berseru-seru dari puncak gunung-gunung! Baiklah mereka memberi penghormatan kepada TUHAN, dan memberitakan pujian yang kepada-Nya di pulau-pulau.”

Yesaya 46:9-11 ”Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku, yang memberitahukan dari mulanya hal yang kemudian dan dari zaman purbakala apa yang belum terlaksana, yang berkata: Keputusan-Ku akan sampai, dan segala kehendak-Ku akan Kulaksanakan, yang memanggil burung buas dari timur, dan orang yang melaksanakan putusan-Ku dari negeri yang jauh. Aku telah mengatakannya, maka Aku hendak melangsungkannya, Aku telah merencanakannya, maka Aku hendak melaksanakannya.”

Saudara, Tuhan telah menggerakkan nabi-nabiNya untuk menyuarakan nubuatan-nubuatan yang sebagian besar telah terlaksana.

Namun kalau kita teliti lebih lagi, mengapa ada beberapa bagian belum terjadi?

Karena Tuhan yang maha tahu dan maha kuasa itu berdaulat untuk melakukan segala sesuatu sesuai dengan waktu-Nya.

Musim selalu berganti, namun Tuhan tetap melaksanakan janji-Nya sesuai dengan waktu-Nya karena Dia adalah Tuhan yang disebut sebagai Allah perjanjian yaitu Allah yang akan melaksanakan semua firman-Nya dan semua janji-janjiNya akan Tuhan lakukan!

Oleh karena itu, sepatutnya murid-murid Yesus tetap fokus kepada perintah Tuhan yang sangat jelas.

Kita perlu terus menyelidiki kitab suci untuk melihat dan merencanakan semua kegiatan dan program Gereja supaya sesuai dengan apa yang diperintahkan-Nya.

Ada janji Tuhan yang belum terjadi.

Bukan berarti Dia lalai, namun pelaksana Firman yang belum melaksanakan janji Bapa itu belum menyelesaikannya.

Matius 24:14 ”Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.”

Ada janji Bapa yang sampai hari ini belum terlaksana.

Kejadian 16:9-12 ”Lalu kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: “Kembalilah kepada nyonyamu, biarkanlah engkau ditindas di bawah kekuasaannya.” Lagi kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: “Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu, sehingga tidak dapat dihitung karena banyaknya.” Selanjutnya kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: “Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan menamainya Ismael, sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan atasmu itu. Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.”

Kejadian 17:18-20 ”Dan Abraham berkata kepada Allah: “Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!” Tetapi Allah berfirman: “Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya. Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.”

Galatia 3:13-14 ”Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!” Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.”

Saudara, Yesus telah menyelesaikan tugas-Nya.

Dia memberi perintah kepada para murid agar memberitakan Injil ke seluruh dunia supaya semua orang mendapatkan warisan Abraham yaitu Roh Allah.

Janji utama kepada orang Ibrani, bangsa Israel, anak-anak Abraham, Ishak dan Ismael adalah Israel merupakan keturunan dari Ishak dan melahirkan Yesus Kristus serta Ismael melahirkan kedar dan nebayot.

Tuhan berjanji bahwa kepulauan yang jauh, di kota dan di desanya berisi kaum kedar dan nebayot keturunan Ismael.

Menurut sejarah dan tradisi, anak-anak kedar dan nebayot juga Tuhan perhatikan karena mereka keturunan Abraham.

Janji Allah yang utama adalah Roh Kudus.

Oleh karena Yesus Kristus, semua manusia sangat dikasihi oleh Bapa di sorga.

Semua manusia yang percaya kepada Yesus Kristus dijanjikan akan beroleh Roh Kudus.

Sampai hari ini, belum semua orang Israel percaya kepada Yesus.

Begitu juga dengan anak-anak Ismael, yang dikenal dengan bangsa Arab, masih sangat banyak yang tidak percaya kepada Yesus Kristus sehingga mereka belum mendapatkan Roh Kudus.

Artinya kalau mereka meninggal dunia, maka mereka akan dihakimi dan diadili di pengadilan terakhir.

Anugerah dari kasih karunia Allah adalah orang yang percaya kepada Yesus Kristus akan diam bersama Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus untuk menikmati sorga yang dijanjikan.

Sedangkan, orang yang tidak percaya kepada Yesus Kristus akan dicampakkan ke dalam api neraka atau mengalami kematian yang kekal.

Roma 10:11-15 ”Karena Kitab Suci berkata: “Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan.” Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani. Karena, Allah yang satu itu adalah Tuhan dari semua orang, kaya bagi semua orang yang berseru kepada-Nya. Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya? Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: “Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!”

Saudara, bagaimana nubuatan-nubuatan Yesaya bisa terjadi jika tidak ada yang memberitakannya dan jika murid-murid Yesus tidak tahu sehingga pelaksana firman tidak melakukannya karena tidak tahu?

Oleh karena itu, kita perlu belajar Firman Allah agar kita tahu, mengerti dan melakukan Firman Tuhan dalam melaksanakan janji Tuhan kepada Abraham dan Hagar serta kedar dan nebayot juga bisa memperoleh Roh Allah.

Oleh karena iman kepada Yesus Kristus, Roh Kristus tinggal di dalam tubuh mereka.

Seperti apa yang telah Bapa buat kepada kita, murid-murid Yesus Kristus, Allah Imanuel tinggal di dalam kita.

Saudara, marilah kita terus berdoa supaya jemaat Kristus mengerti tugas dan panggilannya, supaya Injil Kerajaan menjadi kesaksian di seluruh bumi dan sampai ke ujung-ujung bumi.

Berdoa supaya pemimpin berkeinginan melihat janji-janji Bapa dan nubuatan para nabi terealisasi pada waktu ke depan ini.

Dahulu Tuhan Yesus memberi perintah-Nya yang dikenal dengan amanat agung Kristus untuk memuridkan bangsa-bangsa.

Haleluya, puji Tuhan, Amen.

Secara statistik, mengapa masih banyak suku-suku yang terabaikan yang belum di layani oleh gereja?

Pembacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 37-39