YESUS DIMAHKOTAI OLEH KEMULIAAN DAN HORMAT

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

IBRANI 2:7-9

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Ibrani 2:9.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang dialami oleh Yesus ketika Bapa membuat Dia lebih rendah dari malaikat-malaikat?
  2. Apakah yang diberikan oleh Bapa kepada Yesus setelah Ia merendahkan dalam penderitaan maut?
  3. Siapakah yang telah ditaklukkan dibawah kaki Yesus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Ketaatan Yesus kepada Bapa membuat Bapa memuliakan Yesus diantara segala sesuatu, dimana segala sesuatu telah ditaklukkan dibawah kaki Yesus.

Yesus taat kepada Bapa karena Ia memahami kehendak Bapa bahwa Ia harus mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia dan hal tersebut dilakukannya melalui penderitaan maut.

”Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.” (Ibrani 2:9).

Hal yang sama juga dijelaskan dalam Filipi 2:6-8 ”yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.”

Dan karena ketaatan Yesus kepada Bapa dalam penderitaan-Nya maka Bapa meninggikan Dia, memberikan kemuliaan dan hormat serta nama diatas segala nama.

”Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!” (Filipi 2:9-11).

Tuhan ingin agar kita punya pemahaman dan pengalaman yang sama seperti Yesus dimana ketika kita mengalami penderitaan karena kebenaran maka kita juga akan dimuliakan oleh Bapa, sehingga kita mau taat dalam penderitaan yang Tuhan Izinkan.

”Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.” (Roma 8:17).

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara dapat bertekun dalam penderitaan yang akhirnya saudara mengalami kemuliaan dan hormat dari Bapa.

Pembacaan Alkitab Setahun

Yeremia 38-41