TUHAN MENYELAMATKAN ORANG SALEH DARI PENDERITAAN

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

2 PETRUS 2:7-14

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah Lot?
  2. Tuhan memelihara orang benar dari pencobaan dan juga memelihara orang jahat untuk apa?
  3. Orang jahat yang mengikuti hawa nafsunya disamakan dengan apa? Oleh perbuatan-perbuatan mereka yang jahat mereka akan binasa seperti apa?
  4. Mata orang jahat itu disebutkan penuh dengan apa?  Dan mereka tidak jemu-jemunya berbuat apa?  
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, ketika Lot berada di daerah Sodom dan Gomora, Alkitab mengatakan bahwa dia hidup menderita karena melihat dan mendengar segala macam kejahatan dan menyebabkan jiwanya yang benar itu tersiksa.

Karena itu, Tuhan ingin membebaskan orang-orang benar dari sodom dan gomora.

Itulah sebabnya, Lot dan keluarganya dikeluarkan oleh malaikat Tuhan sebelum Tuhan menghancurkan kota yang jahat itu.

Tetapi nyatanya istri Lot tidak ikut mengalami kebebasan itu karena dia melanggar aturan yang malaikat-malaikat itu katakan yaitu supaya mereka berjalan terus ke luar kota itu tanpa melihat kebelakang.

Istri Lot melihat kebelakang sehingga dia menjadi tiang garam.

Suatu peringatan kepada orang-orang percaya supaya tidak menyayangkan apapun ketika proses penyelamatan itu terjadi.  

Saudara, menurut Alkitab bahwa akan ada masa-masa sukar pada akhir zaman:

2 Timotius 3:1-7 ”Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu! Sebab di antara mereka terdapat orang-orang yang menyelundup ke rumah orang lain dan menjerat perempuan-perempuan lemah yang sarat dengan dosa dan dikuasai oleh berbagai-bagai nafsu, yang walaupun selalu ingin diajar, namun tidak pernah dapat mengenal kebenaran.”

Saudara, kita bisa lihat hal-hal yang dikatakan oleh rasul Paulus di dalam firman ini bahwa hal yang sama sedang terjadi disekitar kita sehingga masa sukar itu sudah mulai terjadi bagi orang-orang percaya atau orang beriman.

Di sekitar kita saat ini sedang terjadi dimana banyak orang-orang yang sangat egois.

Di jalanan dan di sekitar kita orang-orang yang hidup seenaknya, melanggar hukum seenaknya, tanpa rasa malu mereka melakukan sesuatu yang seenaknya yang melanggar hukum.

Hal ini sebenarnya sering mendatangkan aniaya bagi orang beriman karena hidup dengan egois dan seenaknya melanggar hukum.

Perasaan kita akan merasa sakit dan menderita sakit yang sebenarnya.

Tanpa terasa sebenarnya orang percaya sedang teraniaya dan sedang mengalami pencobaan.

Kalau tidak hati-hati kita bisa tersesat dan iman kita bisa gugur oleh keadaan di sekitar kita saat ini.

Keadaan ini sama seperti yang telah diwahyukan oleh Yesus Kristus kepada murid yang dikasihi-Nya yaitu Yohanes:

Wahyu 3:7-11 ”Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku. Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau. Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Akupun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi. Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu.”

Lewat pesan Yesus yang diwahyukan kepada Yohanes, kepada mereka yang saat akhir nanti tekun menuruti firman Tuhan dan juga tekun menantikan Tuhan, maka akan ada perlindungan khusus atau Tuhan sendiri yang akan melindungi dari percobaan yang akan datang pada masa sukar ini sehingga kita akan dibebaskan dari penderitaan yang timbul oleh berbagai kejahatan yang sedang berlangsung saat ini disekitar kita.

Haleluya. Puji Tuhan, Amen!

Apa jenis penderitaan yang anda alami dan rasakan masa kini saat sekarang ini?

Pembacaan Alkitab Setahun

Yeremia 14-17