PERMULAAN PENDERITAAN

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MATIUS 24:4-9

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang harus kita waspadai pada hari-hari menjelang kesudahan dunia?
  2. Apa yang terjadi menjelang zaman baru?
  3. Apa yang membuat murid-murid Kristus pada hari-hari terakhir akan mengalami siksaan?
  4. Apa sebabnya kita orang-orang percaya akan dibenci semua bangsa?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Pada hari-hari terakhir menjelang zaman baru Yesus mengatakan kepada murid-muridNya untuk bersiap menghadapi berbagai hal.

Beberapa hal yang diingatkan oleh Yesus adalah: penyesatan, kegelisahan karena berbagai kabar, bencana kelaparan, gempa bumi dan itu semua baru permulaan penderitaan.

Yesus mengatakan “permulaan” karena menyusul berbagai kejadian diatas akan terjadi  penyiksaan dan pembunuhan oleh karena kebencian banyak orang akan nama Yesus.

Penderitaan dapat membuat orang murtad seperti yang dikatakan Yesus: “ dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci”, kondisi dan situasi pada masa itu mungkin sulit kita bayangkan, namun kita harus ingat bahwa ketakutan akan penderitaan pernah membuat Petrus menyangkal Yesus sampai tiga kali.

Saudara, penderitaan karena nama Yesus adalah kondisi yang bisa kita alami bahkan tidak hanya pada masa yang akan datang namun juga pada masa kini.

Yesus berkali-kali mengingatkan akan hal ini karena Dia menyadari bahwa banyak murid-murid yang bisa murtad bila tidak mengandalkan Roh Kudus dan terus mengalami pertumbuhan iman.

Ada banyak aktivitas dan peristiwa yang Tuhan izinkan dan pakai untuk melatih iman kita, mulai dari konsistensi kita untuk berhubungan intim dengan Bapa melalui saat teduh, pembacaan Firman Tuhan dan juga pergumulan yang membuat kita semakin bertumbuh dewasa secara rohani.

Tuhan ingin memproses kita menjadi manusia rohani yang dewasa, kita adalah mempelaiNya yang disiapkan untuk dewasa dan tangguh menghadapi penderitaan karena membawa namaNya.

Hanya orang-orang yang dewasa secara rohani yang siap menghadapi penderitaan pada hari-hari terakhir.

Jadi, mari kita hadapi setiap proses yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita, penderitaan karena mengikut Yesus yang mungkin kita alami hari ini adalah latihan rohani agar kita menjadi dewasa.

Bila kita mendengar bagaimana saudara-saudara kita yang menderita karena intimidasi dan tekanan sebab dilahirkan di negara yang sangat menentang kekristenan, kita harus bersyukur bahwa negara kita jauh dari hal tersebut setidaknya untuk saat ini.

Namun kita harus siap untuk senantiasa diproses Tuhan menghadapi masa-masa sukar agar kita memiliki iman yang teguh sekalipun harus menderita.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Yesaya 42-44