MENGENAKAN SELURUH PERLENGKAPAN SENJATA ALLAH

Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

EFESUS 6:10-18

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Ada berapakah perlengkapan senjata Allah?
  2. Selain berbagai perlengkapan senjata, hal apakah yang sangat penting yang Tuhan minta untuk kita lakukan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Efesus 6:12 ”karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan …roh-roh jahat di udara.”

Sebelum orang menerima Kristus, Iblis akan berusaha mencegah agar mereka tidak mendengar Injil dan memperoleh selamat.

Dan sejak seseorang menerima Yesus sebagai Juru Selamat, maka roh-roh jahat akan berusaha agar mereka kembali undur secara rohani atau tidak bertumbuh secara rohani.

Dan roh-roh jahat sangat berpengalaman untuk menggoda manusia, umat Tuhan agar mereka tidak bertumbuh dewasa di dalam Tuhan.

Penginjil Billy Graham almarhum, menulis buku yang berjudul “Bebas dari Tujuh Dosa Maut”.

Buku tipis tetapi isinya sangat penting, bagaimana umat Tuhan bisa terbebas atau menang terhadap tujuh dosa maut, yang di ulang-ulang oleh Iblis untuk menghancurkan iman umat Tuhan.

Tujuh dosa tersebut yaitu: (1) Kecongkakan; (2) Amarah; (3) Cemburu atau iri hati; (4) Dosa Seksual; (5) Makan lebih dari yang seperlunya; (6) Malas; (7) Serakah.

1). Congkak atau tinggi hati, tidak hanya akan menjauhkan orang dari sesamanya, tetapi juga akan menyebabkan orang tersebut sulit untuk mengenal anugerah Tuhan. Orang yang tinggi hati bahkan sering menganggap bahwa dia tidak membutuhkan Tuhan!

2). Amarah menjadi dosa ketika seseorang mudah terpancing emosi dan meluapkan kemarahan. Dan menjadikan amarah menjadi kebiasaan.

3). Iri hati menjadi salah satu dosa maut, karena ini mencerminkan sifat yang sangat buruk. Iri hati kepada keberhasilan otang lain, biasanya diikuti oleh dengki, kesal, marah. Sifat yang sangat berlawanan dengan sifat Allah yang adalah Kasih.

4). Dosa seksual ini meliputi pornografi, masturbasi, dan segala bentuk penyimpangan seksual. Dosa yang bahkan bisa mengarah kepada tindakan kriminal.

Serta tiga dosa yang lain, yang tidak cukup tempat untuk dibahas satu persatu.

Itu semua adalah dosa-dosa yang sering dipakai Iblis untuk menyeret umat Tuhan, hingga menjauh dari Tuhan.

Itulah sebabnya kita perlu menggunakan seluruh perlengkapan senjata yang Tuhan sediakan yaitu: melakukan kebenaran, memberitakan Injil, percaya dan beriman kepada Tuhan, tetap teguh dalam keselamatan yang Tuhan berikan, membaca dan merenungkan Firman, ditambah dengan senantiasa berdoa, termasuk berdoa syafaat bagi orang yang kita kasihi maupun bagi orang yang tidak kita kenal secara langsung.

Saudara, dalam kelompok pemuridan diskusikan apakah dosa yang paling mengganggu atau mungkin yang engkau belum menang terhadapnya?

Pembacaan Alkitab Setahun

Yesaya 23-27