YESUS YANG MENJADI HIKMAT BAGI KITA

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 Korintus 1:26-31

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah 1 Korintus 1:30.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Menurut ukuran manusia bagaimanakah keberadaan orang-orang Korintus ketika mereka dipanggil oleh Tuhan?
  2. Siapakah yang membuat jemaat di Korintus mengalami perubahan sehingga mereka memiliki hikmat Allah?
  3. Apakah tujuan Allah melakukan transformasi bagi jemaat di Korintus melalui Kristus Yesus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Jemaat di Korintus ketika dipanggil oleh Tuhan menurut ukuran manusia keadaan mereka tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh dan tidak banyak orang yang terpandang.

Namun ketika mereka percaya kepada Yesus Kristus maka mereka memiliki hikmat Allah karena keberadaan Yesus itu menjadi hikmat bagi mereka.

Akibatnya hidup mereka mengalami perubahan yang melampaui perubahan yang dialami orang-orang dunia yang mengandalkan hikmat dunia ini untuk mengalami perubahan.

Tujuannya adalah supaya dunia tahu bahwa hikmat dunia ini tidak ada yang bisa diandalkan tetapi hikmat Allahlah yaitu Yesus Kristus yang harus diandalkan yang membuat orang-orang bodoh menjadi berhikmat dan hikmat itu akan membawa mereka kepada pengenalan akan Tuhan dan pengenalan akan Tuhan itulah yang membuat mereka berubah.

Ketika kita berada dalam Kristus Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita sehingga kita dibenarkan oleh Dia, dikuduskan dan ditebus oleh Dia.

Karena itu agar mengalami perubahan hidup maka kita perlu memiliki pemahaman yang sangat mendasar tentang Yesus Kristus bagi hidup kita dimana:

  1. Melalui kematian dan kebangkitan Yesus maka kita pindah dari mati kepada hidup yang kekal, dosa diampuni dan kita menjadi milik-Nya karena kita telah ditebus oleh Yesus (1 Petrus 1:18-19).
  2. Melalui kematian dan kebangkitan Yesus maka kutuk kemiskinan, kutuk kebodohan dan kutuk kegagalan telah dihancurkan sehingga kita memiliki hidup yang diberkati (Galatia 3:14, 2 Korintus 8:9);
  3. Melalui kematian dan kebangkitan Yesus maka kita beroleh kesembuhan dari sakit penyakit dan kelemahan tubuh sehingga memiliki tubuh yang sehat (1 Petrus 2:23-24).

Dengan pemahaman yang benar terhadap Yesus Kristus inilah yang dapat membuat hidup kita berubah dan kita betul-betul menjadi ciptaan baru dan yang lama sudah menjadi baru, mengalami transformasi bahkan pengenalan kita terhadap Allah semakin bertumbuh sehingga hidup kita menjadi sama seperti Yesus, bertumbuh dari satu kemuliaan kepada kemuliaan.

”Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” (2 Korintus 5:17).

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana Yesus telah menjadi hikmat bagi hidup saudara sehingga saudara mengalami perubahan hidup dalam segala hal.

Pembacaan Alkitab Setahun

Pengkotbah 5-8