ALLAH YANG MENYINGKAPKAN HAL-HAL TERSEMBUNYI

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

Daniel 2:19-22

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Daniel 2:22.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah yang menyingkapkan kepada Daniel tentang mimpi dari Nebukadnezar?
  2. Hal-hal apa sajakah yang Allah singkapkan bagi Daniel tentang mimpi Raja Nebukadnezar?
  3. Dalam bentuk apakah rahasia tersebut disingkapkan Allah bagi Daniel?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Tuhan memiliki hikmat dan kekuatan yang tidak terbatas dan hikmat-Nya itu diberikan kepada setiap orang yang percaya.

Hikmat tersebut untuk menyingkapkan hal-hal yang tidak terduga dan yang tersembunyi karena di dalam Allah tidak ada kegelapan tetapi terang ada pada-Nya.

Hikmat Tuhan itu dapat dinyatakan-Nya lewat penglihatan dan mimpi.

Dan memang Tuhan telah berjanji bahwa hikmat-Nya itu akan dinyatakan kepada umat-Nya.

“Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.” (Yoel 2:28).

Dan Tuhan menggenapinya ketika Dia mencurahkan Roh Kudus-Nya kepada murid-murid-Nya.

Dan saat ini hal itu dapat kita alami ketika kita mengalami baptisan Roh Kudus.

Dan pengalaman baptisan Roh Kudus tersebut membuat kita dapat mengerti apa yang Tuhan karuniakan kepada kita.

”Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita” (1 Korintus 2:12), bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah yang Maha mengetahui itu dapat kita pahami.

”Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.” (1 Korintus 2:10), sehingga hal-hal yang supranatural akan Tuhan singkapkan bagi kita melalui Roh Kudus-Nya.

”Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” (1 Korintus 2:9).

Jadi tidak ada hal-hal yang tersembunyi yang tidak disingkapkan Allah bagi kepentingan kita dan gereja-Nya, tentang hidup kita, gereja dan bangsa kita dan dunia ini.

Tuhan ingin agar kita semakin mengasihi Dia karena hanya kepada orang-orang yang mengasihi Dialah Allah akan menyingkapkan hal-hal yang tersembunyi dan rahasia seperti yang dialami oleh Daniel dan kerajaan Babel sehingga di tengah kegoncangan dunia ini kita dapat memahami maksud-maksud Allah lewat tanda-tanda zaman dan tentang kesudahan dunia ini sehingga kita tidak menjadi orang yang bodoh tetapi penuh hikmat Tuhan.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara mengalami penyingkapan hal-hal tersembunyi dari Allah melalui pekerjaan Roh Kudus-Nya yang ada dalam diri saudara.

Pembacaan Alkitab Setahun

Pengkotbah 1-4