PENYERTAAN TUHAN SAMPAI AKHIR ZAMAN

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MATIUS 28:16-20

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Dimana Yesus akan bertemu dengan para murid-Nya di Galilea?
  2. Apa yang Yesus telah dapatkan?
  3. Apa yang menjadi sebab murid-murid untuk pergi melaksanakan amanat agung Kristus?
  4. Apa yang Yesus janjikan bagi murid-murid yang melakukan amanat agung Kristus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, setelah Yesus bangkit dari kubur-Nya, para murid-Nya yang perempuan ingin untuk melihat kubur Yesus, tapi ternyata kubur itu sudah kosong.

Ada malaikat yang berada di kuburan itu dan berkata kepada para perempuan itu.

Matius 28:5-8 ”Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: “Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring. Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.” Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.”

Perjalanan itu dituliskan oleh penulis Injil Matius:

Matius 28:9-10 ”Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata :”Salam bagimu.” Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya. Maka kata Yesus kepada mereka: ”Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku.”

Matius 28:16-20Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Kepada mereka, Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan bahwa Ia hidup.

Sebab selama empat puluh hari, Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang kerajaan Allah.

Dan selama empat puluh hari itu, Yesus memperlihatkan diri kepada Kefas dan kepada kedua belas murid-Nya.

Sesudah itu, Yesus memperlihatkan diri-Nya kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus, semua orang yang percaya kepada Yesus.

Selanjutnya, Yesus memperlihatkan diri kepada Yakobus dan adik-adiknya, keluarga Yesus yang tidak mempercayai Yesus sebagai Mesias yang dijanjikan.

Kebangkitan Yesus menjadikan mereka percaya bahwa Yesus adalah Mesias yang di nantikan oleh bangsa Israel.

Berulang kali Yesus bertemu dengan murid-muridNya.

Dia memberi perintah kepada mereka dan mengutus mereka supaya mereka memberitakan Injil Kerajaan Allah.

Dan ketika Dia hendak meninggalkan murid-muridNya dari bukit Zaitun:

Kisah Para Rasul 1:8 “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Roh Kudus yang di anugerahkan Bapa kepada orang yang percaya kepada Yesus adalah Roh yang menjadi meterai:

Efesus 1:13 ”Di dalam Dia kamu juga–karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu–di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.”

Efesus 3:17 ”sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih.”

Roh Kristus ini yang akan menyertai dalam hidup kita untuk memberikan penghiburan, pertolongan dan pengajaran, Roh Kuduslah yang menguduskan kita dari dalam hidup kita.

Roh Allah inilah yang akan memimpin kita dalam pelayanan dan seluruh pekerjaan kita. Dia juga pernah berjanji:

Ibrani 13:5 ”Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: ”Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.“

Allah berjanji akan menyertai kita. Dia berkata bahwa akan menyertai kita sampai akhir zaman.

Haleluya, Puji Tuhan, Amen!

Untuk apa Yesus menyertai kita dan kapan Dia enggan menyertai kita?

Pembacaan Alkitab Setahun

Mazmur 140-145