DUA TIGA ORANG BERKUMPUL DALAM NAMAKU

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MATIUS 18:18-20

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang terjadi di sorga bila kita mengikat atau melepaskan di dunia ini?
  2. Apa maksudnya bahwa sorga mengikuti apa yang kita perintahkan?
  3. Apa yang terjadi bila 2 atau 3 orang sepakat meminta kepada Bapa?
  4. Apa yang terjadi ketika 2 atau 3 orang berkumpul dalam nama Tuhan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Kesepakatan dan kesehatian diantara orang-orang percaya adalah hal yang Tuhan inginkan, bahkan dalam perikop yang kita baca hari ini kita diingatkan kembali akan kuasa kesepakatan orang percaya.

Setidaknya ada 2 hal yang terjadi ketika 2 atau 3 orang berkumpul dalam nama-Nya dan sepakat meminta kepada Bapa, yang pertama adalah kehadiranNya dan yang kedua adalah manifestasi kuasa-Nya.

Kehadiran-Nya adalah hal utama dalam kehidupan kita orang percaya, setelah pengorbanan Yesus diatas kayu salib menebus dosa kita maka Allah hadir dalam kehidupan kita.

Kehadiran-Nya mengubahkan banyak hal dalam kehidupan orang percaya, dan yang paling utama adalah kembalinya persekutuan kita dengan Bapa.

Manusia rohani kita bertumbuh dalam persekutuan dengan Bapa, tanpa persekutuan dengan Bapa kita seperti ranting yang tidak tertancap pada pokok batang yang akan mati dan sudah pasti tidak berbuah.

Kehadiran-Nya membuat kita anak-anakNya memiliki penolong yang memberikan pimpinan agar kita dapat berjalan menggenapi yang terbaik yang direncanakan Bapa kepada kita.

Manifestasi kuasa-Nya adalah hal kedua yang terjadi ketika 2 atau 3 orang percaya sepakat meminta dalam nama-Nya.

Manifestasi kuasa-Nya dibutuhkan agar orang-orang yang belum percaya dapat datang kepada-Nya.

Orang yang terikat oleh kuasa gelap, yang terintimidasi oleh tipu muslihat iblis memerlukan kelepasan dan hal itu membutuhkan manifestasi kuasa-Nya.

Ketika Injil diberitakan kita membutuhkan manifestasi kuasa-Nya dalam bentuk hikmat dan kuasa untuk melakukan mujizat, kesembuhan atau apapun yang diperlukan sesuai kehendak-Nya.

Kedua hal penting diatas memberikan kita pemahaman bahwa penting kita memiliki kesehatian dan kesepakatan ketika berkumpul dalam doa atau persekutuan orang percaya.

Bagaimana mungkin terjadi kehadiran dan manifestasi kuasaNya ketika kita tidak sehati, masih memliki perselisihan atau persoalan satu sama lain yang tidak diselesaikan dengan benar?

Seringkali prasangka buruk terhadap saudara yang lain dapat membuat kita tidak sehati, tidak jarang kabar negatif tentang saudara yang lain yang belum kita konfrontasikan kebenarannya kepada orang tersebut dapat memubat kita berpikiran buruk dan hal tersebut membuat kita tidak sehati.

Bagaimana dengan saudara?

Mari kita sehati dan sepakat, sampaikan apa yang menjadi keberatan saudara dengan saudara yang lain empat mata dengan baik, karena kita menyadari pentingnya kesehatian.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Mazmur 133-139