MEMBUKA TINGKAP LANGIT DAN MENCURAHKAN BERKAT

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MALEAKHI 3:8-12

Bacalah Firman Tuhan diatas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahaminya dan secara khusus hafalkanlah Maleakhi 3:10!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Dalam hal apakah bangsa Israel telah menipu Allah?
  2. Kemanakah seharusnya perpuluhan harus dibawa? Dan apakah tujuannya?
  3. Apakah yang Tuhan lakukan bagi kita jika kita melakukan persepuluhan dengan benar?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Tuhan menegur bangsa Israel karena mereka menipu Allah dalam hal persembahan persepuluhan dan persembahan khusus, sehingga mereka tidak mengalami berkat dari Tuhan.

Dalam terjemahan lain dikatakan bahwa bangsa Israel telah merampok Allah.

Karena sebenarnya persepuluhan dan persembahan khusus tersebut adalah milik Allah.

Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN.” (Imamat 27:30).

Karena persembahan persepuluhan adalah milik Tuhan maka persepuluhan tersebut harus dibawa ke perbendaharaan rumah Tuhan dan bukan untuk yayasan, badan amal, keluarga, tempat bisnis, orang-orang tertentu.

Tujuannya adalah agar di dalam rumah Tuhan persepuluhan dapat dikelola untuk persediaan makanan di dalam rumah Tuhan, salah satunya adalah untuk membalas pekerjaan orang-orang yang bekerja dalam rumah Tuhan.

”Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.” (Bilangan 18:21), sehingga aktivitas dan kehidupan di dalam rumah Tuhan dapat berjalan dengan baik.

Tuhan berjanji bahwa ketika kita melakukan dengan benar maka Ia akan membukakan tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat secara berlimpah-limpah.

Kita tidak pernah kekurangan dalam segala hal, baik keuangan dan ekonomi, kesehatan termasuk hikmat demi hikmat untuk mengenal jalan-jalan Tuhan.

”TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.”(Mazmur 23:1).”Sebab TUHAN, Allahmu, memberkati engkau dalam segala pekerjaan tanganmu. Ia memperhatikan perjalananmu melalui padang gurun yang besar ini; keempat puluh tahun ini TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, dan engkau tidak kekurangan apa pun.” (Ulangan 2:7).

Bahkan bangsa-bangsa lain akan menyebut kita adalah umat yang penuh bahagia karena kita tinggal dalam perlindungan Tuhan.

Oleh karena itu marilah kita memberikan persembahan persepuluhan dengan setia.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana Allah membuka tingkap langit serta memberkati saudara ketika setia dalam memberikan persepuluhan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Mazmur 40-45