SADAR DAN BERTOBAT SUPAYA DOSAMU DIHAPUSKAN

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 3:17-21

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang membuat orang-orang tetap hidup dalam dosa (ayat 17)?
  2. Apa yang telah digenapi dari firmanNya melalui perantaraan para nabi?
  3. Apa yang harus dilakukan oleh orang-orang agar dosanya dihapuskan?
  4. Siapa yang sejak semula telah ditetapkan Tuhan penyelamat bagi orang-orang berdosa?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Kedatangan Mesias sebagai juruselamat telah difirmankan Tuhan jauh pada masa Perjanjian Lama melalui para nabi-nabiNya, namun orang-orang Israel pada masa itu tidak menyadarinya.

Bahkan murid-murid Yesus pun mengalami hal yang sama hingga kemudian Roh Kudus dicurahkan membuat pikiran mereka terbuka sehingga memberikan pewahyuan kepada mereka mengenai maksud kedatangan Yesus.

Berita tentang janji Mesias yang sudah digenapi inilah yang diberitakan oleh murid-murid Yesus termasuk Petrus dan Yohanes pada kisah ini.

Ketidaktahuan akan kebenaran membuat orang terus hidup dalam dosa karena tidak mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan bagi kehidupan manusia.  

Firman Tuhan hari ini mengingatkan bahwa kita dahulu juga orang-orang yang tidak tahu kebenaran, sekalipun mungkin kita adalah orang-orang yang hidupnya baik-baik saja, kita tetap dilahirkan sebagai manusia berdosa.

“Sadar dan bertobat“ adalah jalan kepada penghapusan dosa, sadar bahwa kita adalah manusia berdosa dan bertobat dari dosa-dosa yang kita lakukan.

Kesadaran akan kebenaran yang semakin baik dapat terjadi ketika kita terus belajar membaca dan merenungkan FirmanNya setiap hari.

Kehidupan kita diubahkan dan  pemulihan terjadi ketika kita melakukan dan taat kepada firmanNya.

Tidak sedikit orang berhenti sampai kepada pertobatan dan rajin hanya datang ke gereja setiap minggu, mereka tidak menyadari bahwa seperti tubuh jasmani yang sehat memerlukan nutrisi dan juga aktivitas fisik demikian juga manusia rohani kita perlu makanan yang sehat serta aktivitas pelayanan yang membuat manusia rohani kita sehat dan mengalami terus menerus pemulihan.

Keselamatan memang diberikan secara cuma-cuma namun pemulihan memerlukan ketaatan dari kita untuk melakukan apa yang menjadi kehendak Tuhan.

Pemulihan yang berhenti atau tertunda bukanlah kehendak Tuhan tetapi itu konsekuensi dari keputusan kita untuk berhenti mentaati Tuhan dan mulai mengikuti keinginan diri sendiri.

Pemulihan adalah proses yang berlangsung terus menerus dalam kehidupan kita, untuk itulah mengapa kita harus menjadi muridNya bukan sekedar menjadi orang Kristen.

Seorang murid sejati senantiasa terus belajar memahami firmanNya, bertumbuh semakin dewasa dengan tujuan utama adalah keserupaan dengan Kristus.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Ayub 21-23