ROH YANG DICURAHKAN DARI BAPA

Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 2:15-21

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Kapankah nubuat nabi Yoel tergenapi, sudah tergenapi atau belum atau sudah dan akan kembali terulang?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Peristiwa pencurahan Roh Kudus, seperti yang dinubuatkan oleh Nabi Yoel dan kemudian digenapi pada peristiwa “Pentakosta” yang diuraikan dalam Kisah Para Rasul pasal 2, hal ini menandai momen penting dalam sejarah Kekristenan.  

Kenapa penting? Karena peristiwa ini juga telah dinubutkan oleh Tuhan Yesus sebelum Dia naik ke sorga.

Kisah Para Rasul 1:4-5  ”Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang–demikian kata-Nya—”telah kamu dengar dari pada-Ku. Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.”

Yesus meminta para murid untuk menunggu di Yerusalem hingga Roh Kudus dicurahkan dan mereka dibaptis dengan Roh Kudus.

Jadi pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta itu juga dapat dipahami sebagai penanda terpenuhinya janji Yesus untuk mengutus Roh Kudus sebagai penuntun, penghibur, dan pemberi kuasa bagi kita umat tebusan-Nya.

Hal itu juga diyakini sebagai peristiwa yang menandai kelahiran Gereja Kristen dan permulaan zaman Roh Kudus.

Sejak saat itu, Roh Kudus hadir secara aktif dalam kehidupan orang percaya, memberikan bimbingan, kekuatan, dan karunia rohani.

Pencurahan Roh Kudus dianggap sebagai peristiwa mendasar dalam sejarah Kristen dan memiliki dampak yang besar bagi orang percaya.

Lalu apakah nubuat Nabi Yoel itu akan kembali terulang.

Ya, hal ini sesuai dengan Firman Tuhan dalam Kisah Para Rasul 2:17 “Akan terjadi pada hari-hari terakhir–demikianlah firman Allah–bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi.”

Jadi jelas bahwa peristiwa itu akan kembali terulang baik di masa-masa kini maupun masa yang akan datang, hingga Tuhan Yesus datang kembali untuk yang kedua kali.

Saudara, dalam kelompok pemuridan diskusikan tentang pengalamanmu memperoleh lawatan Roh Kudus.

Pembacaan Alkitab Setahun

Ayub 5-7