JANGANLAH KUATIR AKAN HIDUPMU

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MATIUS 6:25-28

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Matius 6:25.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Terhadap hal-hal apakah kita tidak boleh kuatir?
  2. Jika demikian mengapa kita tidak boleh kuatir?
  3. Bagaimana caranya agak kita tidak kuatir akan hidup kita, akan apa yang hendak kita makan, minum dan pakai?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat membutuhkan makanan, minuman, dan pakaian.

Namun Tuhan mengajarkan kepada kita agar kita tidak boleh kuatir dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Sebab jika kita hidup dalam kekuatiran maka kita tidak dapat menjalankan kehidupan sehari-hari dimana akan muncul ketakutan, kecemaran, karena kita tidak percaya kepada kasih dan kuasa Tuhan yang berdaulat atas seluruh kehidupan klta.

Jika demikian bagaimanakah agar kita tidak kuatir akan kebutuhan hidup kita?

Pertama-tama, kita harus fokus kepada Tuhan dan Firman-Nya, dengan demikian kita menjadi senantiasa memiliki kepercayaan yang penuh kepada Tuhan dan tidak berjalan dengan fakta-fakta yang ada tetapi berpegang terguh terhadap Firman Tuhan.

Seperti yang Firman Tuhan  katakan dalam Yeremia 29:11 ”Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Jika kita fokus kepada Tuhan dan Firman-Nya maka kita percaya bahwa Tuhanlah yang senantiasa memelihara kehidupan kita sehingga kita tidak perlu kuatir.

Yang kedua, kita harus menyatakan segala keinginan kita kepada Tuhan dalam doa dan permohonan. ”Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” (Filipi 4:6).

Hal tersebut kita lakukan sampai kita dimerdekakan dari kekuatiran dan dikuasai oleh damai sejahtera Tuhan.

”Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” (Filipi 4:7).

Tuhan senantiasa memerdekakan kita dari segala bentuk kekuatiran dalam kehidupan kita.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara senantiasa dimerdekakan oleh Tuhan dalam berbagai bentuk kekuatiran.

Pembacaan Alkitab Setahun

Ezra 8-10