TUBUH DOSA YANG HILANG KUASANYA

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

ROMA 6:3-6

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa arti ditenggelamkan ketika kita di baptis?
  2. Apa pula arti ketika kita dikeluarkan dari air?
  3. Bagian apa kita yang disalibkan bersama dengan Kristus?
  4. Apa akibat ketika kita manusia lama kita turut di salibkan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, ketika kita percaya dan di baptis, maka sebenarnya kita telah mengalami kelahiran kembali yaitu manusia lama kita sudah mati dan manusia baru kita telah datang dan bisa tampil dalam keseharian kita.

Oleh iman kita maka Roh Kudus tinggal di dalam hati kita.

Efesus 3:17 “sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih.”

Oleh iman kita dan pertolongan Roh Kudus, kita bisa mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama.

Kita juga mengalami banyak pemulihan ketika Roh Kudus menguasai kita.

Roh Kudus akan membuahkan karakter-Nya di dalam orang-orang percaya.

Galatia 5:22-23 “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.”

Suatu perubahan yang kelihatan drastis ketika buah Roh Kudus itu muncul.

Hal inilah yang diamati oleh keluarga kita ketika mereka melihat hidup kita yang tampil beda dari sebelum dan sesudah kelahiran baru kita.

Terjadi perubahan yang kadang-kadang sangat nyata sekali, namun ada juga tidak begitu kelihatan tetapi diakui terjadi perubahan.

Hal ini karena memang secara rohani bahwa tubuh daging kita telah mengalami kematian dan kehidupan baru yang ilahi sudah bisa terlihat dan kadang-kadang sangat berbeda.

Ada seseorang yang tadinya menyelesaikan berbagai persoalan dengan berkelahi pada orang-orang yang tidak disukainya, namun setelah lahir baru dia sudah tidak berkelahi lagi walaupun terlihat marah.

Ketika kuasa dosa daging kita disalibkan bersama Kristus, kita dapat mengendalikan mata, telinga, tangan, dan kaki kita.

Tampaknya tidak lagi sulit untuk mengendalikan keinginan dengan mata dimana jika melihat sesuatu, pikiran langsung setuju dan kekuatan mata terus dipatuhi hingga muncul pencobaan dan dosa.

Rasul Paulus menulis dua fakta tentang ini. 

Roma 7:15-20 “Sebab apa yang aku perbuat, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku perbuat. Jadi jika aku perbuat apa yang tidak aku kehendaki, aku menyetujui, bahwa hukum Taurat itu baik. Kalau demikian bukan aku lagi yang memperbuatnya, tetapi dosa yang ada di dalam aku. Sebab aku tahu, bahwa di dalam aku, yaitu di dalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab kehendak memang ada di dalam aku, tetapi bukan hal berbuat apa yang baik. Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat. Jadi jika aku berbuat apa yang tidak aku kehendaki, maka bukan lagi aku yang memperbuatnya, tetapi dosa yang diam di dalam aku.”

Saudara, manusia lama kita telah dikuasai oleh dosa dan itulah yang menyebabkan dosa melahirkan dosa baru karena yang dihasilkan oleh tubuh daging kita adalah keinginan daging kita yang berdosa yang sangat berbeda dengan saat kita telah lahir baru.

Galatia 2:19b-20 “Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.”

Dari buah tulisan rasul Paulus kita bisa melihat akibat dari kelahiran baru yang menyebabkan manusia lama dan kuasa daging kita mati sehingga daging tidak lagi berkuasa atas kita dan iman kita menyebabkan Kristus tinggal di dalam kita.

Jika kita menyerahkan hidup kita dikendalikan oleh Kristus maka kuasa dosa atau kuasa tubuh berdosa itu sudah tidak ada lagi sehingga kita mengalami perubahan total.

Haleluya, Puji Tuhan. Amen!

Apa yang menyebabkan seseorang yang sudah lahir baru tidak mengalami perubahan dalam hidupnya?

Pembacaan Alkitab Setahun

2 Tawarikh 2-5