INJIL TENTANG YESUS YANG TELAH BANGKIT

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

2 TIMOTIUS 2:8-11

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang diberitakan Paulus dalam pelayanannya?
  2. Apakah yang dialami Paulus akibat pemberitaan Injil?
  3. Ketika Paulus dibelenggu karena injil, apakah Firman Allah ikut terbelenggu?
  4. Mengapa Paulus dapat sabar menanggung penderitaan yang dia alami?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Injil adalah kabar baik, namun tidak semua orang dapat melihat dan mengerti Injil sebagai kabar baik.

Kisah Paulus hari ini mengingatkan kita bahwa Paulus harus mengalami berbagai penderitaan dan dibelenggu layaknya seorang penjahat ketika memberitakan Injil tentang kebangkitan Kristus.

Sejak awal berita tentang kebangkitan Kristus dan pengampunan dosa sudah ditolak oleh banyak orang bahkan oleh orang-orang yang menyebut dirinya paham akan kita Taurat pada masa itu, seperti yang dilakukan oleh ahli Taurat, orang-orang Farisi dan Saduki  pada masa jemaat mula-mula.

Paulus rela menanggung semua penderitaan itu bagi orang-orang pilhan Allah pertama karena dia menyadari bahwa kebangkitan Yesus lah yang membuat kita percaya bahwa janjiNya pasti akan digenapi.

KebangkitanNya memberikan harapan kepada kita bahwa ada kehidupan yang kekal yang jauh lebih panjang daripada kehidupan singkat di dunia ini.

KebangkitanNya juga mengingatkan kepada kita bahwa apa yang kita lakukan di muka bumi ini  dapat berdampak pada kekekalan ketika kita percaya kepadaNya dan mengikuti apa yang diperintahkanNya.

Hal kedua yang membuat Paulus rela menderita adalah karena Paulus harus memberikan tongkat estafet pemberitaan injil kepada generasi berikutnya agar pada masa yang akan datang ketika Paulus meninggalkan dunia ini masih ada murid-murid Kristus atau orang-orang pilihan Allah yang akan melanjutkan pemberitaan injil ini.

Saudara, hari ini kita telah menjadi orang-orang percaya salah satunya adalah karena kesediaan Paulus untuk menerima panggilan Tuhan dan bekerja keras menggenapinya.

Injil Kerajaan Allah tentang kebangkitan Kristus sudah pasti banyak mengalami rintangan dari jaman ke jaman namun kasih karunia Tuhan membuat berita itu sampai kepada kita hari ini.

Pertanyaan yang harus kita renungkan adalah : “Apakah kita bersedia untuk terus melanjutkan menyampaikan berita injil tentang kebangkitan Kristus?”

Kita hidup pada masa yang jauh lebih nyaman daripada masa Paulus hidup, sekalipun tantangan tidak lebih ringan daripada masa Paulus.

Injil tentang Yesus Kristus masih banyak ditolak hingga hari ini, namun mari kita teladani kehidupan Paulus untuk rela menderita bagi orang-orang pilihan Allah pada masa kini dan masa yang akan datang.

Hidup Paulus sangat berarti karena dia mempersiapkan generasi-generasi baru yang memahami dan percaya akan Yesus.

Pemuridan dan Persekutuan dapat menjadi sarana bagi kita untuk Injil tentang Yesus yang telah bangkit dapat sampai kepada banyak orang pada masa kini dan generasi yang akan datang.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 18-21