KUASAILAH DIRI SUPAYA DAPAT BERDOA

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

I PETRUS 4:7-10

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah I Petrus 4:7.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Bagaimanakah sikap kita dalam menghadapi kesudahan zaman yang semakin mendekat ini?
  2. Apakah tujuan dari kita menguasai diri dan menjadi tenang?
  3. Selain supaya kita dapat berdoa, hal-hal lain apakah yang dapat kita lakukan jika kita menguasai diri dan menjadi tenang?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Dengan tanda-tanda zaman yang telah kita lihat dan alami maka kita sedang berada pada kesudahan zaman, di mana orang-orang menjadi mencintai diri sendiri, sombong dan suka yang jahat juga terjadinya peperangan, kelaparan, gempa bumi serta munculnya Mesias-mesias palsu, maka kita tidak bisa lagi bermain-main dengan waktu dan anugrah yang Tuhan berikan.

Kita harus menguasai diri dalam segala hal sehingga kita menjadi tenang dan tujuannya agar kita dapat berdoa.

Jika kita berdoa maka kita dapat memahami kehendak Tuhan, sehingga kita memiliki hati dan roh yang berkobar-kobar untuk menyelesaikan rencana Tuhan serta memiliki kerajinan yang tidak kendor.

Hal-hal apa saja yang harus kita kuasai agar kita dapat tenang untuk berdoa adalah seperti yang tertulis dalam Efesus 5:15-19.

Kita harus memiliki kehidupan seperti orang arif bukan orang bebal, kita harus menggunakan waktu yang ada karena hari-hari ini adalah jahat, kita harus mengusahakan mengerti kehendak Allah sehingga kita tidak seperti orang yang bodoh, kita tidak boleh mabuk dengan anggur dunia ini yang akan menimbulkan hawa nafsu tetapi kita harus penuh dengan Roh, kita harus memiliki perkataan Tuhan dalam mulut kita agar perkataan kita membangkitkan orang lain dan hati kita untuk berjalan di dalam jalan-jalan Tuhan.

Dengan memiliki sikap hati yang benar maka kita dapat berjalan dalam kebenaran, dengan demikian hati kita menjadi tenang dan dapat berdoa.

Dan dengan berdoa ini kita dapat memahami kehendak Tuhan dan kita berjalan bersama dengan Tuhan untuk menggenapi rencana Tuhan dan kita juga dapat dengan gairah yang penuh untuk mengerjakan pekerjaan Tuhan dakam kehidupan sehari-hari dan dalam kehidupan berjemaat.

Diskusikan dalam komunitas saudara hal-hal apakah yang perlu saudara kuasai di dalam diri saudara supaya saudara dapat berdoa.

Pembacaan Alkitab Setahun

2 Raja-raja 9-11