MELAYANI ORANG LAIN OLEH KASIH

Penulis : Anang Kristanto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

GALATIA 5:13-15

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Sesuai perikop yang kita baca hari ini, apakah Saudara dipanggil untuk merdeka?
  2. Apa yang harus kita lakukan dalam kemerdekaan yang Tuhan anugerahkan kepada kita?
  3. Satu firman apa yang mencakup seluruh hukum Taurat?
  4. Apa yang harus kita waspadai supaya jangan saling membinasakan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Melayani orang lain oleh kasih adalah aktivitas yang Tuhan inginkan agar kita tidak mempergunakan kemerdekaan yang Tuhan berikan sebagai kesempatan untuk berbuat dosa.

Melayani orang lain membuat waktu yang berharga yang Tuhan berikan tidak menjadi sia-sia, salah satu sebab manusia jatuh dalam dosa ialah karena menggunakan waktunya untuk memikirkan dirinya sendiri atau fokus kepada kepentingan diri sendiri.

Melayani oleh kasih juga menimbulkan sukacita yang meluap seperti pernah dialami oleh jemaat Makedonia dalam 2 Korintus 8:2-4: “Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.  Aku bersaksi, bahwa mereka telah memberikan menurut kemampuan mereka, bahkan melampaui kemampuan mereka. Dengan kerelaan sendiri mereka meminta dan mendesak kepada kami, supaya mereka juga beroleh kasih karunia untuk mengambil bagian dalam pelayanan kepada orang-orang kudus”

Jemaat Makedonia merupakan contoh bagaimana mempergunakan kemerdekaan untuk dapat melayani orang lain, bahkan mereka meminta dan mendesak Paulus supaya dapat ambil bagian dalam pelayanan kepada orang-orang kudus.

Jemaat Makedonia mempunyai alasan untuk fokus pada diri mereka sendiri karena seperti yang dicatat Paulus bahwa mereka dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan dan sangat miskin.

Pelayanan kasih dan tulus  yang mereka lakukan membuktikan bahwa ketika mereka tidak fokus dengan diri mereka sendiri tetapi mereka memutuskan untuk dapat melayani orang lain, akan menghasilkan buah sukacita sejati dalam kehidupan mereka.

Mari kita melayani melalui karunia dan panggilan yang Tuhan percayakan kepada kita dengan motivasi kasih.

Kita akan menuai sukacita sejati ketika fokus untuk memikirkan bagaimana ikut ambil bagian dalam pelayanan.

Saudara, waktu yang Tuhan berikan kepada kita di dunia sangatlah singkat, namun bila kita menggunakannya untuk melayani dengan kasih maka anugerah kemerdekaan dari perbudakan dosa yang diberikan Tuhan kepada kita tidak menjadi sia-sia.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

2 Samuel 8-12