KASIH SELALU YANG UTAMA

Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 KORINTUS 13:1-8

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Manakah yang lebih baik, iman untuk memindahkan gunung atau mengasihi sesama?
  2. Apa yang dimaksud dengan kasih menutupi segala sesuatu?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saling mengasihi satu dengan yang lain adalah perintah yang jelas, ada begitu banyak ayat di Alkitab yang menyatakan tentang kasih dan saling mengasihi.

Untuk itu ada enam hal yang kita bisa lakukan dalam menerapkan kasih kepada sesama:

  1. Dengarkan dengan sungguh-sungguh lawan bicara kita: Orang ingin dan mendambakan untuk didengarkan yaitu suaranya didengar dan ucapannya diperhatikan. Saat kita mendengarkan, kita membuat orang lain merasa dilihat, dipahami, diperhitungkan dan diterima.
  2. Jika Saudara mengajukan komplen, ya komplen saja, tanpa menghakimi.Ketika Saudara tidak menyukai sesuatu, bicarakan tentang sesuatu itu dan bukan tentang orang yang menyebabkannya. Jangan menghakimi, menyalahkan orang, terlebih kalau hanya atas dasar asumsi.
  3. Memberikan jawaban tanpa niat untuk membantah.Hindari perselisihan, pertengkaran, dan konflik yang tidak perlu. Kalau memang tersedia waktu untuk berdiskusi, beradu argumen, lakukan dengan sopan, tenang dan hindari nada tinggi dalam ucapan kita.
  4. Memberi tanpa mengharap kembali atau pamrih.Jika ada yang meminta bantuan kepada kita. Dan setelah Saudara pertimbangkan bahwa permintaan itu benar dan Saudara sanggup untuk memenuhi. Maka berikan sesuatu itu tanpa mengharapkan imbalan apa pun.
  5. Bersikaplah toleran dan mudah memaafkan.Toleran bukanlah kompromi. Toleran berarti kita bersedia untuk tidak memaksakan “kebenaran” kita kepada orang lain. Tidak ada  seorang pun yang sempurna! Termasuk kita, jadi mengapa harus memaksakan standar “kesempurnaan” kita kepada orang lain?
  6. Usahakan untuk melakukan hal-hal yang disukai orang yang kita kasihi.Hal ini bisa dilakukan dengan menunjukkan minat dan penerimaan atas apa yang disukai orang yang Saudara kasihi. Sekali pun itu mungkin hal-hal yang tampak bodoh atau konyol. Khususnya dibutuhkan dalam hubungan suami dan isteri atau orangtua dan anak.

Saudara, di tengah keluargamu.

Coba mulai menerapkan beberapa tips untuk membagikan kasih seperti diuraikan di atas.

Pembacaan Alkitab Setahun

1 Samuel 28-31