DAMAI SEJAHTERA KARENA MENINGGALKAN PERBUATAN GELAP

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

ROMA 13:8-12

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Roma 13:12.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Perbuatan-perbuatan apa sajakah yang harus kita tinggalkan dan sebaliknya, apakah yang harus kita kenakan?
  2. Coba sebutkan perbuatan-perbuatan kegelapan yang harus kita tinggalkan?
  3. Dan senjata terang apakah yang harus kita kenakan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Damai sejahtera yang Tuhan berikan kepada kita untuk membuat kita bebas dari konflik-konflik batin, emosi negatif serta trauma-trauma masa lalu yang menghalangi pertumbuhan rohani kita diantaranya sulit untuk mengampuni dan memaafkan orang lain, dendam, yang mengakibatkan orang-orang hidup dalam perbuatan gelap yaitu berzinah, membunuh, mencuri dan mengingini milik orang lain dengan cara yang tidak benar, yang intinya adalah perbuatan jahat terhadap orang-orang lain.

Bagi kita yang percaya kepada Yesus maka Yesus telah membebaskan kita dari semua kutuk dan kuasa dosa dan hal ini ditegaskan dalam Galatia 3:13-14: ”Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!” Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.”

Dosa tidak dapat berkuasa atas hidup kita, sehingga kita dapat menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan sekaligus kita juga memiliki senjata dari Roh Kudus agar kita hidup berkemenangan dan diantaranya adalah damai sejahtera.

Jadi Kristus serta karya Roh Kudus menyebabkan kita memiliki semuanya itu.

Namun agar kita senantiasa terus berkemenangan atas dosa maka kita harus mengenakan Kristus selama-lamanya, agar dengan kita fokus kepada Kristus maka kita dikuatkan dan diteguhkan bahwa Kristus telah menyelesaikan semua kegelapan hidup kita dan terus senantiasa mengalirkan damai sejahtera-Nya kepada kita.

”Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.” (Roma 13:14).

Dan damai sejahtera dari Allah itulah yang dapat membuat kita tenang dan tidak berbuat dosa terhadap orang lain tetapi mengasihi orang lain seperti Kristus mengasihi semua orang.

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana damai sejahtera yang dari Tuhan membuat saudara dapat meninggalkan perbuatan kegelapan sehingga dapat mengasihi orang lain!

Pembacaan Alkitab Setahun

Hakim-hakim 19-21