PERKATAAN YANG BAIK DAN MEMBANGUN

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

EFESUS 4:29-32

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Efesus 4:29.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Perkataan yang bagaimanakah yang tidak boleh keluar dari mulut kita?
  2. Kalua begitu, perkataan yang bagaimanakah yang harus keluar dari mulut kita? Dan apakah tujuannya?
  3. Siapakah yang berduka ketika perkataan yang buruk keluar dari mulut kita?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Allah mengajarkan kepada kita agar dari mulut kita tidak keluar perkataan yagn tidak sesuai dengan Firman Tuhan.

Mungkin bagi banyak orang bertanya-tanya apakah mungkin tidak ada perkataan kotor yang keluar dari anak-anak Tuhan sementara dalam kenyataannya masih banyak anak-anak Tuhan yang mengeluarkan perkataan yang sembarangan dari mulut mereka diantaranya fitnah, gosip, amarah, caci maki, dan lain-lain.

Alkitab berkata dalam Matius 15:11: “Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.”

Sehingga perkataan yang sembarangan itu dapat menyakiti dan melukai serta menjatuhkan orang lain.

Dan sumbernya adalah di dalam hati kita.

Bagi setiap anak-anak Tuhan untuk berkata dengan perkataan yang baik dan benar harus dimulai dari pemahaman bahwa di dalam hati kita tidak ada lagi sumber dosa, karena manusia lama kita telah turut disalibkan bersama Yesus.

Firman Tuhan berkata dalam Roma 6:6-7: ”Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa. Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.”

Dengan disalibkannya manusia lama kita maka kita tidak lagi memiliki kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian, fitnah dan segala bentuk kejahatan yang lainnya dan akibatnya kita memiliki dan mengenakan manusia yang baru yaitu keramahan, kasih mesra dan pengampunan, sehingga kita dapat mengekspresikan manusia baru kita lewat perkataan dan perbuatan kita, di mana dimulai dari hati kita yang telah diperbarui.

Akibatnya kita mulai memiliki perkataan yang baik, tidak ada lagi perkataan yang kotor, sehingga orang-orang yang mendengarkan perkataaan kita dapat dibangun dan beroleh kasih karunia.

Dengan pemahaman yang benar bahwa kita memiliki manusia baru, maka kita tidak jatuh bangun dalam perkataan kita tetapi berkemenangan.

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana saudara memiliki perkatan yang baik karena menyadari bahwa saudara tidak mempunyai manusia lama tetapi memiliki manusia baru!

Pembacaan Alkitab Setahun

Hakim-hakim 16-18