BERSUKACITALAH DALAM PENDERITAAN KARENA KRISTUS

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 PETRUS 4:13-16

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah kita bisa memperoleh bagian dari penderitaan Kristus?
  2. Jika kita harus menderita karena nama Yesus Kristus dan firman-Nya, apa yang seharusnya kita rasakan?
  3. Bolehkah kita menderita karena kesalahan kita sendiri, dosa karena kelemahan kita atau pelanggaran dan kejahatan atau kesalahan kita sendiri?
  4. Mengapa kita harus memuliakan Allah ketika kita menderita karena Yesus Kristus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara yang kekasih, adakalanya kita mengalami kesulitan karena kita adalah orang Kristen pengikut Kristus.

Kita mengalami ejekan, pengucilan bahkan kadang-kadang sengaja dirugikan oleh pihak-pihak yang tidak suka dan benci kepada kekristenan.

Kita mengalami kesulitan dalam berusaha sulit untuk mendapatka perizinan, atau kadang-kadang sengaja di peras karena kita pengikut Kristus.

Hal-hal seperti ini sudah bukan lagi rahasia, karena banyak orang merasa tidak suka kepada kekristenan dan mereka tidak percaya kepada Yesus Kristus, kalau diamati dengan teliti, dasar mereka tidak suka atau benci sebenarnya karena kebodohan mereka sendiri. 

Oleh karena itu, ketika kita mengalami kesulitan karena Kristus, patutlah kita bersukacita, dan memuliakan Tuhan dengan bersyukur, Tuhan mengizinkan kita mengalami sedikit dari penderitaan Kristus.  

Setiap penderitaan yang kita alami karena mengikut Kristus, Tuhan Yesus menjanjikan ada upah dari mengikut Yesus, apa lagi kalau sampai menderita karena mengikut Dia. Kalau kita menderita dalam pemberitaan Injil, maka Yesus telah berjanji bagi mereka yang kehilangan sesuatu karena Yesus dan karena firmanNya.

Yesus juga pernah berkata :

“Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku.” (Yohanes 16:1-3).

Saudara, karena itu bersukacitalah karena kita bisa mendapat bagian dalam penderitaan Kristus Tuhan yang mulia itu.

“Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.” (Roma 8:17).

Rasul Paulus pernah berkata :

“Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, dimana aku menjadi sama dengan Dia dalam kematian-Nya, supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.” (Filipi 3:10).

Saudara adalah suatu kebahagiaan bisa beroleh sebagian dari penderitaan Kristus, Rasul Paulus bahkan mengatakan :

“Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat.” (Kolose 1:24).

Yesus menderita untuk keselamatan kita, dan murid-murid Yesus menderita untuk pertumbuhan Jemaat Yesus Kristus.

Oleh karena itu, saya mau mengajak semua jemaat untuk terlibat dalam pelayanan karena ada sedikit penderitaan di dalam membangun tubuh Kristus atau membangun jemaat, apalagi kalau itu perintisan jemaat pasti ada jenis penderitaan lain yang membuat kita bisa berbahagia dan menikmati kemuliaan bersama Kristus kelak.

Haleluya, Puji Tuhan, Amen!

Mengapa banyak jemaat yang tidak mau terlibat dalam pelayanan penggembalaan?

Pembacaan Alkitab Setahun

Yosua 12-15