MENGUCAP SYUKUR ATAS KEMENANGAN DARI TUHAN

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MAZMUR 44:5-8

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Dengan apakah pemazmur menanduk dan menginjak-injak lawan mereka?
  2. Sesuai dengan bacaan hari ini, apakah pemazmur percaya kepada panah dan pedangnya pada saat peperangan?
  3. Siapa yang memberi kemenangan kepada mereka?
  4. Karena apa mereka menyanyikan puji-pujian sepanjang hari?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Medan peperangan dan berbagai strateginya adalah kisah masa Perjanjian Lama yang banyak dicatat dalam Alkitab, mereka menggunakan panah, pedang dan juga kuda sebagai kendaraan tempur, selain strategi atau pengalaman perang pemimpinnya.  

Secara umum senjata dan kendaraan tempur merupakan peralatan yang menentukan dan berharga di medan perang.

Kisah bangsa Israel yang dipimpin oleh Tuhan dalam peperangan memberikan pengalaman baru yang menyadarkan mereka bahwa ada yang lebih utama dari senjata untuk meraih kemenangan dalam medan perang.

Mereka mengalami kemenangan demi kemenangan bukan karena senjata atau bahkan strategi mereka, tetapi karena Tuhan yang memimpin.

Pemazmur menyebut Tuhan sebagai Raja yang memerintahkan kemenangan bagi mereka.

Nama Tuhan yang ajaib membuat mereka dapat mengalahkan musuh.

Pada hari ini kita tidak lagi menghadapi peperangan seperti pada masa Perjanjian Lama, namun secara rohani kita terus mengalami peperangan melawan roh-roh jahat di udara, melawan intimidasi dan tipu muslihat iblis.

Kita juga memiliki senjata rohani yang ada pada Efesus 6:14-17, senjata ini jelas menentukan kemenangan kita atas musuh, namun tentunya tanpa pimpinan Roh Tuhan semua senjata rohani sebenarnya tidak dapat bekerja dengan baik.

Kita berhasil melawan segala initmidasi dan tipu muslihat karena hikmat dari Tuhan dan kuasaNya bekerja dalam hidup kita ketika kita taat melakukan perintahNya.

Mengucap syukur atas kemenangan dari Tuhan adalah bentuk pengakuan kita bahwa Tuhanlah yang memberi kita kemenangan, karena Dia bertahta sebagai Raja dalam hidup kita sehingga iblis tidak bisa mengalahkan kita.

Mari kita senantiasa mengucap syukur setiap hari karena kita tahu dan yakin bahwa Tuhan telah memberikan kemenangan bagi kita.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Ulangan 28-29