ALLAH YANG TURUT BEKERJA

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

ROMA 8:26-30

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah sebenarnya kita tahu apa yang kita doakan tanpa pimpinan Roh?
  2. Apa tujuan Allah turut bekerja dalam segala sesuatu?
  3. Apa ketetapan bagi orang yang dipilihNya dari semula?
  4. Apa yang terjadi dengan orang-orang yang ditentukanNya dari semula?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Apakah tujuan Allah ketika Dia bekerja dalam segala sesuatu?

Saudara, Allah yang kita sembah bukanlah Allah yang tidak punya tujuan dan rencana.

Allah sudah pasti tidak turut bekerja dalam segala sesuatu jika hanya untuk menuruti keinginan manusia.

Sebagai manusia, kita sangat rentan bahkan untuk berdoa saja kita sebenarnya juga tidak tahu, justru Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah.

Allah kita turut bekerja dalam segala sesuatu agar kita yang dipanggilNya menjadi serupa dengan AnakNya dan supaya kita yang dibenarkan juga dimuliakanNya.

Ada kata kunci yang jelas yaitu menjadi serupa dengan Yesus.

Mari kita pastikan bahwa kita semua sedang mengalami suatu proses yang terus menerus  menjadi semakin serupa dengan Yesus, karena hanya dalam proses inilah Allah turut bekerja.

Ketika bangsa Israel memutuskan untuk balik ke Mesir karena mendengar kabar berita yang dibawa pengintai-pengintai dari tanah Kanaan maka di situlah Allah tidak turut bekerja, pada akhirnya orang-orang ini tidak pernah masuk ke tanah perjanjian, mereka mati di pandang gurun.

Allah sejak semula turut bekerja dengan memberi tiang api dan awan, Allah turut bekerja dengan membelah laut, Allah turut bekerja dengan memberi mereka air pada saat kehausan.

Namun pada titik dimana mereka memutuskan untuk menolak masuk tanah perjanjian sejak saat itu Allah tidak turut bekerja pada orang-orang ini, mereka mati sia-sia karena tidak mengasihi Tuhan dan mereka lebih mengasihi diri mereka sendiri.   

Saudara, mari kita pastikan bahwa kita benar-benar mengasihi Dia dan rindu untuk menjadi serupa dengan Kristus seperti yang menjadi tujuanNya, karena disitulah Allah tetap turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi kita.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Ulangan 21-23