JEMAAT YANG DISUKAI SEMUA ORANG

Penulis : Pnt. Timotius Chandra

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 2:43-47

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang menjadi rahasia Jemaat yang disukai semua orang?
  2. Bagaimana menjadi jemaat yang disukai semua orang?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Nama baik membangun reputasi, kehormatan, kenamaan, kejayaan dan kebaikan.

Jemaat mula-mula begitu disukai karena memiliki daya tarik kehidupan yang berbeda yakni : takut akan Tuhan, peduli terhadap sesama, serta penuh kegembiraan dan ketulusan.

Bukan hanya satu atau dua jemaat saja yang disukai, melainkan seluruh kawanan Jemaat.

Padahal biasanya orang tidak suka dengan kumpulan orang bila dirinya tidak tergolong ke dalam kumpulan itu.

Orang juga sering merasa terganggu jika ada kelompok, apalagi kelompok besar, yang mengadakan acara yang asing bagi mereka.

Apakah rahasianya sehingga jemaat mula-mula ini bahkan semakin bertambah jumlahnya?

Mereka semua ternyata telah bertobat dan menerima karunia Roh Kudus -Kisah Para Rasul 2:38, kesatuan dan saling berbagi terus terpelihara -Kisah Para Rasul 2:44, senantiasa mengenang dan bersyukur atas pengorbanan Kristus yang menebus dosa -Kisah Para Rasul 2:46.

Selain itu, mereka hidup dengan ketulusan, tidak punya agenda terselubung agar diri mereka diuntungkan dan disukai tetapi Tuhan yang dimuliakan.

Biarlah kehidupan jemaat mula-mula ini dapat menjadi acuan bagi kita agar tidak hanya menjadi jemaat Tuhan yang biasa-biasa, tetapi mengupayakan menjadi berkat bagi orang lain sehingga mereka yang belum percaya semua tertarik untuk mengenal Tuhan Yesus. 

Jika diri kita dan jemaat tidak bertumbuh, patutlah kita bercermin kepada jemaat mula-mula.

Kita tidak bisa meniru sepenuhnya kehidupan orang percaya yang pernah sukses di masa silam, namun kita dapat meneladani jemaat mula-mula yang mengejar kasih yang tulus dan kasih itu muncul oleh pengenalan dan relasi mereka dengan Kristus Yesus dan teman-teman seiman.

Akibat dari mereka yang menjadi jemaat yang disukai semua orang, maka Tuhan setiap hari menambah jumlah mereka yang percaya.  

Sebetulnya jumlah bukan merupakan tujuan utama, hal  ini terjadi akibat dari efek atmosfer kehadiran Tuhan.

Mari kita semua belajar agar menjadi “Jemaat yang disukai jemaat” bukan hanya menjadi label gereja mula-mula, tapi juga untuk Jemaat GKKD-BP yang menjadi Rumah Kabar Baik.

Saudara, dalam kelompok pemuridan diskusikan sudahkah kita menjadi Jemaat yang disukai semua orang di mana Tuhan menempatkan!

Pembacaan Alkitab Setahun

Ulangan 8-10