MENGASIHI SESAMA MANUSIA

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MATIUS 22:36-40

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Matius 22:39.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Coba sebutkan hukum yang terutama dan yang pertama serta hukum yang kedua menurut ajaran dari Tuhan Yesus?
  2. Bagaimanakah kekuatan hukum yang kedua dibandingkan dengan hukum yang pertama?
  3. Seperti mengasihi siapakah dalam hal kita mengasihi sesama kita?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Dalam membangun Rumah Kabar Baik sangat sarat dengan kehidupan yang mengasihi orang lain atau mengasihi sesama.

Oleh sebab itu Tuhan Yesus mengajar kita untuk hidup mengasihi sesama seperti diri kita sendiri sehingga tidak ada kebencian terhadap sesama.

Itulah sebabnya Tuhan menegur orang-orang yang membenci sesamanya.

”Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.(I Yohanes 3:15).

”Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.” (I Yohanes 2:11).

”Jikalau seorang berkata: “Aku mengasihi Allah,” dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.” (I Yohanes 4:20).

Tuhan ingin agar kita mengasihi orang lain.

Dan caranya adalah dengan menerima orang lain apa adanya serta senantiasa mengampuni orang lain ketika ada hal yang terjadi terhadap orang lain yang tidak sesuai dengan keinginan kita sehingga kita selalu senantiasa menolong orang lain, membantu serta memberkati orang lain dengan perkataan dan perbuatan kita.

Tidak ada menghakimi, menggosipkan orang, memarahi dan benci dengan orang lain termasuk dendam serta berpikir negatif terhadap orang lain, termasuk terhadap musuh kita karena mereka adalah juga sesama kita, bahkan terhadap orang yang kita anggap hina pun kita harus mengasihi mereka karena mereka juga adalah sesama kita.

Marilah kita selalu hidup mengasihi orang lain dalam membangun Rumah Kabar Baik.

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana saudara mempraktikkan dan berkemenangan dalam mengasihi sesama!

Pembacaan Alkitab Setahun

Bilangan 26-27