MENUNJUKKAN KASIH DALAM SALING MEMBANTU

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

EFESUS 4:1-3

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Kisah Para Rasul 4:33.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah nasehat Rasul Paulus terhadap jemaat di Efesus?
  2. Kehidupan yang bagaimanakah yang harus dibangun oleh jemaat di Efesus sebagai bukti bahwa mereka hidup berpadanan dengan panggilan Tuhan?
  3. Bagaimanakah peranan Roh Kudus bagi mereka unutk hidup dalam panggilan Tuhan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Rasul Paulus menasehatkan jemaat di Efesus agar mereka semuanya yang sudah dipanggil dan dipilih oleh Tuhan hidup berpadanan dengan panggilan itu.

Dan panggilan itu adalah agar mereka hidup di dalam kasih.

”Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih. Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!” (Galatia 5:13-14).

”Dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.” (Efesus 5:2).

Wujud dari kehidupan dalam kasih itu adalah kehidupan yang saling membantu dan membantu orang lain dengan kerendahan hati, penuh kelemahlembutan serta kesabaran.

Ketika kita memiliki panggilan dari Tuhan untuk membangun Rumah Kabar Baik, maka terlebih dahulu kita membangun Rumah Kasih.

Dengan demikian ketika di dalam gereja ada kehidupan yang saling membantu maka kita juga akan membantu atau menolong orang lain sebagai representasi Rumah Kabar Baik yang menjadi nyata melalui gereja, sehingga wujud kasih itu dapat dirasakan oleh orang-orang yang belum mengenal Tuhan.

Tuhan ingin agar kehidupan saling membantu itu dilakukan dengan konsisten.

Oleh sebab itu, kita harus mau dipimpin oleh Roh Kudus dan mengikuti pimpinan Roh Kudus secara bersama-sama sehingga selalu terjadi kerukunan yang membuat kita dapat hidup saling membantu satu sama lainnya diantara jemaat dan kita tidak dapat dihentikan dalam mewujudkannya.

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana saudara berpadanan dengan panggilan Tuhan untuk mewujudkan kasih kepada Tuhan dengan cara saling membantu!

Pembacaan Alkitab Setahun

Bilangan 23-25