SALING MENOLONG MENANGGUNG BEBAN

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

GALATIA 6:1-3

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Galatia 6:2.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Bagaimanakah sikap dan perbuatan kita terhadap orang-orang yang melakukan pelanggaran di dalam rumah Tuhan?
  2. Sikap apakah yang perlu dibangun terhadap saudara-saudara yang mengalami pergumulan-pergumulan dalam kehidupan mereka?
  3. Hukum siapakah yang kita lakukan ketika kita hidup saling bertolongan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Dalam membangun Rumah Kabar Baik, harus terpancar kehidupan Kristus di dalam rumah tersebut di mana di dalamnya harus dibangun hukum Kristus yaitu kehidupan yang saling mengasihi satu dengan yang lainnya.

Dalam kehidupan kejemaatan bisa saja ada saudara yang kedapatan berbuat dosa, jatuh dalam dosa, maka kita harus menolong dia agar kembali ke jalan yang benar dan dipulihkan serta dibangkitkan kembali untuk mengasihi Tuhan.

Namun harus dengan rendah hati dan lebih lembut sehingga tidak menghakimi orang tersebut.

Karena bisa saja kita mengalami hal yang sama seperti yang dialami oleh saudara yang melakukan pelanggaran tersebut.

Kita juga ikut merasakan kesukaran, kepedihan serta kesulitan orang lain yang sedang mengalami kesalahan, kita peduli dengan mereka.

Kita juga tidak merasa sombong dan lebih baik atau lebih suci dari orang lain tetapi kita memiliki rasa belas kasihan yang besar untuk menolong mereka.

Dengan demikian kita selalu bertolong-tolongan dalam menanggung beban atau menanggulangi beban orang lain sehingga kita benar-benar menghidupi hukum Tuhan yaitu hidup saling mengasihi sehingga kita menggenapi I Korintus 13:4-7 ”Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.”

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara hidup dalam bertolong-tolongan dalam menanggung beban khusus terhadap orang-orang yang melakukan kesalahan!

Pembacaan Alkitab Setahun

Bilangan 21-22