HIDUP DALAM KASIH KARUNIA YANG BERLIMPAH

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 4:32-37

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Kisah Para Rasul 4:33.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Cara hidup yang bagaimanakah yang dihidupi oleh gereja mula-mula sehingga mereka mengalami kasih karunia yang melimpah-limpah?
  2. Apakah yang dimaksud dengan hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah?
  3. Apakah akibat dari hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Dalam Roma 5:15 Firman Tuhan berkata bahwa: ”Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.”

Kasih karunia merupakan anugerah bagi kita karena apa yang telah Yesus perbuat bagi kita sehingga kita mengalami kebenaran atau dibenarkan hanya karena percaya kepada apa yang telah Tuhan Yesus kerjakan bagi kita.

Hal yang Yesus kerjakan itu bukan hasil upaya kita tetapi berdasarkan kemurahan serta belas kasihan Tuhan.

Kelimpahan kasih karunia tersebut dialami oleh jemaat mula-mula dimana ketika mereka percaya kepada karya Yesus di kayu salib, sehingga mereka mengalami pekerjaan dan anugerah Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari dan mereka juga menyediakan diri untuk terus mengalami kelimpahan kasih karunia dengan cara hidup dalam sehati, sejiwa, tidak egois dengan tidak menganggap sesuatu kepunyaan mereka melainkan milik bersama dan mereka selalu menjual harta mereka serta meletakkan dibawah kaki rasul-rasul untuk dibagi-bagikan kepada orang-orang yang memerlukan.

Mereka menyediakan diri sepenuhnya untuk bekerjanya kuasa kasih karunia yaitu pekerjaan Tuhan Yesus.

Akibatnya mereka mengalami kehidupan yang tidak kekurangan serta mengalami kuasa kehadiran Tuhan dimana kuasa kebangkitan Yesus dinyatakan melalui rasul-rasul.

Sebagai gereja akhir zaman, Tuhan juga ingin agar kita senantiasa hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah dengan menyadari akan pekerjaan belas kasihan serta kemurahan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari serta fokus kepada Yesus dan apa yang telah dikerjakan-Nya bagi kita, maka kita pun akan mengalami kehidupan seperti gereja mula-mula bahkan lebih besar dari gereja mula-mula.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana membangun kehidupan sehingga selalu hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah!

Pembacaan Alkitab Setahun

Bilangan 18-20