SENANTIASA BERKUMPUL UNTUK PERJAMUAN KUDUS

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

I KORINTUS 11:23-30

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang rasul Paulus terima langsung  dari YESUS KRISTUS?
  2. Apa yang YESUS katakan mengenai roti dan anggur pada waktu YESUS memimpin perjamuan malam dengan ke dua belas murid-Nya sebelum Dia ditangkap?
  3. Ketika kita melakukan PERJAMUAN KUDUS, sebenarnya apa yang sedang kita lakukan?
  4. Apa yang harus dilakukan agar PERJAMUAN KUDUS dilakukan dengan TIDAK SALAH?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, di dalam ALKITAB tidak ada PESAN atau PERINTAH TUHAN untuk memperingati HARI NATAL, benarkah?

Tetapi untuk mengingat PENGORBANANNYA diperintahkan dengan MELAKUKAN PERJAMUAN KUDUS!

PERJAMUAN KUDUS dilakukan untuk mengingat PENGORBANAN YESUS DI KAYU SALIB.

I KORINTUS 11:26 ”Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.”

Jadi sangat dianjurkan untuk melakukan SESERING MUNGKIN PERJAMUAN KUDUS agar kita selalu mengingat KASIH BAPA YANG RELA MENGORBANKAN PUTRA tunggal-Nya mati oleh karena dosa-dosa kita, supaya kita BEROLEH PENGAMPUNAN dan KESELAMATAN.

Mari kita pelajari bagaimana perjamuan itu dilakukan, sehingga semua BAPAK dalam keluarga mengerti memimpin PERJAMUAN KUDUS  di rumahnya masing-masing supaya keluarganya mengikuti dan melakukan apa yang YESUS anjurkan dan PERINTAHKAN!

Tidak seharusnya PERJAMUAN KUDUS di pimpin oleh Pendeta, karena sebenarnya semua Bapak sebagai kepala keluarga dan orang percaya seharusnya bisa memimpin keluarganya untuk BERSEKUTU, melakukan PERJAMUAN KUDUS dan BERKHOTBAH di depan keluarganya untuk mengajarkan FIRMAN ALLAH, mengapa?

I PETRUS 2:9Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:”

Yang sangat penting dalam PERJAMUAN KUDUS adalah arti yang dikandungnya yaitu PEMBERITAAN AKAN KEMATIAN YESUS KRISTUS untuk menyatakan KASIH BAPA yang RELA BERDAMAI DENGAN ORANG BERDOSA.

Juga sangat penting adalah bahwa ROTI adalah TUBUH KRISTUS yang telah dipecahkan karena dosa dan kesalahan kita, dan anggur adalah DARAH YESUS yang ditumpahkan untuk PENGAMPUNAN DOSA.

Dan PERJAMUAN KUDUS SEBENARNYA, sangat diperlukan oleh ORANG BERDOSA yang telah menyadari arti roti dan anggur itu sehingga orang berdosa sangat MEMERLUKAN PERJAMUAN KUDUS, supaya mereka bertobat dan dan diselamatkan oleh tubuh dan darah Kristus.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN!

Mengapa perlu menyadari bahwa roti yang kita makan adalah TUBUH KRISTUS dan anggur yang kita minum adalah DARAH YESUS?

Pembacaan Alkitab Setahun

Bilangan 1-2