BERTEKUN DALAM PENGAJARAN DAN PERSEKUTUAN

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 2:42-43

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Ada berapa orang jumlah mereka semua yang suka berkumpul itu?
  2. Mereka sangat tekun untuk apa?
  3. Apa yang selalu mereka lakukan?
  4. Siapakah yang merasa takut? Mengapa?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, ketika empat puluh hari setelah kebangkitan Yesus, Dia membuktikan kepada murid-murid-Nya bahwa Dia benar-benar telah bangkit dari kematian dengan cara menemui mereka satu per satu dan secara berkelompok.

Dia sendiri membuktikan bahwa Dia bangkit dan sekaligus bahwa Dia adalah MESIAS yang dijanjikan.

KRISTUS datang ke rumah-Nya dimana keluarga-Nya yang selama ini KURANG PERCAYA, kalau YESUS KRISTUS, kakak mereka adalah MESIAS.

Adik-adik kandung YESUS, sebelumnya ragu bahwa kakak mereka, YESUS adalah MESIAS, walaupun IBU mereka bercerita bagaimana MALAIKAT memberitahu MARIA, bahwa YESUS ANAK-NYA adalah YESUS KRISTUS, MESIAS yang dinantikan oleh bangsa ISRAEL.

I KORINTUS 15:3-7 “Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai Kitab Suci; bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya. Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal. Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul.”

YESUS KRISTUS yang bangkit dari kubur itu memperlihatkan diri-Nya kepada murid-muridNya, kepada MARIA MAGDALENA, KEFAS atau PETRUS, kepada DUA MURID yang sedang pulang ke EMAUS, dan lain-lain.

Pada hari yang ke empat puluh YESUS KRISTUS membawa murid-murid-Nya ke bukit ZAITUN dan murid-murid mendengarkan AMANAT AGUNG KRISTUS :

KISAH PARA RASUL 1:6-9 ”Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ :”Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel? Jawab-Nya :”Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang di tetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.”

Sepuluh hari setelah YESUS terangkat ke surga, pada hari PENTAKOSTA, turunlah ROH KUDUS ke atas seratus dua puluh murid yang sedang berkumpul di LOTENG ATAS tempat mereka berkumpul, dan Yesus melarang mereka untuk meninggalkan YERUSALEM sampai BAPA MENGIRIMKAN UTUSANNYA UNTUK MENYERTAI para murid sebagai SAKSI KRISTUS, untuk menjadikan SEMUA BANGSA murid YESUS.

Ketika hari turun-Nya ROH KUDUS, maka jumlah para murid bertambah sebanyak TIGA RIBU ORANG.

MEREKA inilah murid-murid Yesus yang dihasilkan oleh KESAKSIAN PARA RASUL.

KISAH PARA RASUL 2:42-47 ”Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan mujizat dan tanda. Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan Bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing. Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan”.

Saudara, ketekunan mereka belajar dan KESAKSIAN mereka menyebabkan terjadi PERTUMBUHAN JUMLAH mereka.

Oleh karena itu, marilah kita TEKUN BELAJAR dan TEKUN BERSEKUTU serta menjadi SAKSI yang MEMPRAKTIKKAN APA YANG KITA PELAJARI, maka TUHAN akan MENAMBAH JUMLAH kita dengan orang-orang yang di selamatkan!

HALELUYA, PUJI TUHAN.

AMEN!

Mengapa ada gereja yang jumlah jemaatnya semakin lama semakin sedikit?

Imamat 24-25