JEMAAT YANG MEMAHAMI PEWAHYUAN ALLAH

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

EFESUS 3:4-10

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang terjadi bila jemaat membaca pewahyuan dari Tuhan yang ditulis oleh Paulus?
  2. Siapa yang menyingkapkan pengertian rahasia tersebut pada masa Perjanjian Baru?
  3. Apakah orang-orang bukan Yahudi karena berita Injil turut menjadi ahli waris dalam janji yang diberikan dalam Yesus?
  4. Apa yang diberitahukan oleh jemaat kepada pemimerintah dan penguasa di surga?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, tidak semua orang yang membaca Taurat dapat mengerti dan memahami kebenaran yang terkandung didalamnya, bahkan sekalipun orang pandai dapat membacanya namun tidak semua  dapat mengerti apa yang difirmankan Tuhan dan yang telah ditulis oleh para rasul.

Roh Kuduslah yang dapat menyingkapkan kebenaran-kebenaran yang diwahyukan  oleh Tuhan dan darah Kristus lah yang membuat kita layak menjadi bait RohNya.

Kebenaran-kebenaran itu tentu bukan sekedar untuk dibaca dan dipahami tetapi juga mengandung suatu hikmat dan kuasa, merupakan kekayaan Kristus yang dibutuhkan banyak orang yang membutuhkan pelayanan gereja Tuhan.

Jemaat Kristus adalah orang-orang yang dikaruniai Tuhan kemampuan untuk memahami kebenaran yang diberikanNya, tujuan utamanya adalah agar jemaat terlebih dahulu mengalami pemulihan karena mengalami kebenaran yang memerdekakan tersebut.

Gereja Tuhan yang telah dipulihkan dan mengalami pembaharuan hari demi hari adalah jemaat seperti yang Tuhan inginkan.

Dunia membutuhkan bukti nyata kebenaran itu dihidupi dan dialami oleh jemaat Kristus, sehingga kita menjadi berbeda dengan dunia ini.

Kebenaran ini sederhana, mari kita renungkan, dunia ini sudah biasa dengan hal-hal yang berbau keagamaan dan penuh dengan aturan-aturan baik namun tidak mengubah kehidupan sesorang, pewahyuan ilahi yang kita dapatkan memberikan kekuatan untuk kita semakin diubahkan, tidak menjadi serupa dengan dunia ini, dan dapat memberikan solusi dari persoalan manusia berdosa di dunia ini.

Membaca Firman Tuhan setiap hari adalah hal yang baik, tetapi lebih dari itu kita harus mendapatkan pewahyuan dari Tuhan secara pribadi mengenai apa yang kita baca sehingga mengubahkan hidup kita lebih dulu, bukan orang lain.

Bila kita sekedar membaca hanya karena target maka bukan berarti membaca firman Tuhan tidak berguna tetapi kita sedang melewatkan pewahyuan mendalam yang seharusnya kita dapatkan dari kebenaran yang kita baca.

Mari kita tidak sekedar rutin membaca, tetapi juga rutin mendapatkan inspirasi dari firman Tuhan yang kita baca, karena seperti itulah kebenaranNya.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Imamat 16-18