SURAT KRISTUS YANG DAPAT DIBACA SEMUA ORANG

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

II KORINTUS 3:1-4

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah II Korintus 3:2.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Menurut Rasul Paulus bagaimanakah keberadaan jemaat di Korintus?
  2. Dengan kekuatan siapakah maka Rasul Paulus dapat membuat jemaat Korintus sebagai surat Kristus?
  3. Di manakah pribadi Yesus dituliskan dalam jemaat Korintus sehingga mereka menjadi surat Kristus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Menurut Rasul Paulus bahwa jemaat di Korintus merupakan surat Kristus yang dapat dibaca oleh semua orang.

Hal tersebut dapat dilakukannya karena Firman yang diajar oleh Rasul Paulus ditulis dalam hati jemaat oleh karena pekerjaan dari Roh Kudus.

Tuhan juga ingin agar Firman yang kita dengar dan renungkan tertulis dalam roh kita oleh pekerjaan Roh Kudus sehingga hidup kita dicetak ulang seperti yang Firman Tuhan maksudkan dan Kristus dapat dibaca oleh setiap orang yang melihat hidup kita.

Sehingga kita pun akan menjadi Kabar Baik buat dunia ini.

Agar kita mengalaminya, pertama-tama kita harus ada hati yang lapar dan haus akan Firman Tuhan sehingga kita memiliki hati yang terbuka terhadap Firman Tuhan.

”Dan kamu telah menjadi penurut kami dan penurut Tuhan; dalam penindasan yang berat kamu telah menerima firman itu dengan sukacita yang dikerjakan oleh Roh Kudus.” (I Tesalonika 1:6).

”Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.” (Matius 5:6).

”Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.” (Yakobus 1:21).

”Telah kucondongkan hatiku untuk melakukan ketetapan-ketetapan-Mu, untuk selama-lamanya, sampai saat terakhir.” (Mazmur 119:112).

Kita harus membangun kehidupan yang benar terhadap Firman Tuhan sehingga akhirnya oleh pekerjaan kuasa Roh Kudus Firman Tuhan ditulis dalam batin kita sehingga kita menjadi surat Kristus yang dapat dibaca oleh setiap orang dan menjadikan kita sebagai Kabar Baik bagi dunia ini.

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana saudara membangun kehidupan dengan Firman Tuhan sampai menjadi surat Kristus yang dapat dibaca semua orang!

PEMBACAAN ALKITAB HARIAN

Keluaran 25 – 27