YESUS MEMBERIKAN KITA KEMENANGAN ATAS MAUT

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

I KORINTUS 15:54-58

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. “Maut telah ditelan dalam kemenangan.” Kapan kebenaran firman ini digenapi?
  2. Apakah yang disebut dengan sengat maut?
  3. Apa yang merupakan kuasa dosa?
  4. Apa yang menyebabkan semua jerih payah kita tidak akan sia-sia?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat KORINTUS telah menuliskan dengan jelas bagaimana YESUS sebagai ANAK DOMBA ALLAH dikorbankan SESUAI dengan NUBUATAN NABI-NABI dan isi Kitab-kitab TAURAT.

Saudara, ketika kita percaya kepada berita INJIL, maka TUHAN ALLAH menganugerahkan ROH-NYA memasuki hidup kita dan DIA tinggal di dalam kita, sebagai bukti bahwa kita sudah jadi milik DIA.

EFESUS 1:13-14 Di dalam Dia kamu juga, – karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu INJIL keselamatanmu – di dalam Dia kamu juga ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

Saudara, Roh Kudus yang dianugerahkan kepada kita akan mengajar kita untuk bisa hidup sesuai dengan RANCANGAN ALLAH.

YOHANES 14:26 Tetapi penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku. Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Roh kudus akan mengajar kita untuk mematikan diri kita terhadap dosa, sehingga kita tidak lagi dibelenggu dosa, kita bisa menang terhadap dosa.

ROMA 6:1-3 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu? Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimana kita masih dapat hidup di dalamnya? Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus telah dibaptis dalam kematian-Nya?

Jadi jelas kata Paulus kita tidak lagi berhubungan dengan dosa, kita sudah mati bagi dosa, oleh karena Roh Kudus membantu kita untuk mematikan kedagingan kita, sehingga dosa tidak lagi bisa mencapai atau meraih kita.

Kita sekarang hidup oleh Roh bukan oleh daging,

GALATIA 5:16 Maksudku ialah : Hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging, sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging -karena keduanya bertentangan- sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehndaki. Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup dibawah hukum Taurat.

Saudara, rasul Paulus itu pernah MENGELUHKAN BAGAIMANA KEHIDUPANNYA KETIKA DIA HIDUP DALAM KEDAGINGAN

ROMA 7:18-20 Sebab aku tahu, bahwa di dalam aku, yaitu di dalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab kehendak memang ada di dalam aku, tetapi bukan hal yang berbuat apa yang baik. Sebab bukan apa yang kukehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat. Jadi jika aku berbuat apa yang tidak aku kehendaki, maka bukan lagi aku yang memperbuatnya, tetapi dosa yang diam di dalam aku.

Rasul Paulus mengakui bagaimana dia bisa berbuat jahat, karena di dalam dia ada dosa dan dia masih hidup dalam dosa, maka dia harus mematikan kedagingan itu dan dia mulai hidup oleh Roh Kudus.

I KORINTUS 15:55-57 Hai maut dimanakah kemenanganmu? Hai maut dimanakah sengatmu? Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa adalah hukum Taurat. Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh YESUS KRISTUS, Tuhan kita.

Saudara, KEMATIAN YESUS KRISTUS dan KEBANGKITAN YESUS membuktikan bahwa MAUT itu telah dikalahkan oleh YESUS.

Dan YESUS telah mengaruniakan ROH KUDUS kepada kita, maka dengan PERTOLONGAN dan PENGAJARAN ROH KUDUS, kita bisa mengalahkan DOSA, MAKA kita bisa HIDUP OLEH ROH KUDUS saat ini.

ROMA 8:13-14 Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. Semua orang, yang dipimpin Roh Allah adalah anak-anak Allah.

Jadi saudara, maut telah dikalahkan oleh YESUS KRISTUS dan YESUS telah menganugerahkan ROH KUDUS kepada kita supaya ROH KUDUS mengajarkan dan mengarahkan pemimpin kita untuk mengalami kemenangan yang telah dilakukan oleh YESUS KRISTUS yaitu MENGALAHKAN MAUT, HALELUYA, PUJI TUHAN. AMEN!

Mengapa ada banyak orang percaya bahkan sudah lahir baru, tetapi kemudian dia jatuh bangun dalam DOSA?

PEMBACAAN ALKITAB HARIAN

Kejadian 38 – 40