MELUCUTI PEMERINTAH DAN PENGUASA DUNIA

Penulis : Pnt. Leonardo M
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KOLOSE 2:13-15

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan secara khusus hafalkanlah Kolose 2:15.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Hal-hal apakah yang dilakukan oleh manusia yang merupakan ancaman bagi manusia di hadapan Tuhan?
  2. Bagaimanakah cara Yesus meniadakan ancaman tersebut?
  3. Terhadap kuasa apakah Yesus telah menang sehingga ancaman dari si jahat dibinasakan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Alkitab menjelaskan bahwa semua manusia telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.

Perbuatan dosa yang dilakukan oleh manusia itu cenderung untuk terus dilakukan sehingga manusia dikuasai oleh dosa, akibatnya manusia telah mati oleh pelanggaran dan dosa mereka.

Perbuatan dosa yang dilakukan oleh manusia yang secara terus menerus membuat manusia mempunyai surat hutang yang harus ditebus atau dibayar dan iblis selalu memiliki kesempatan untuk mendakwa dan mengancam kita agar surat hutang tersebut harus dibayar.

Manusia tidak mampu membayarnya namun Yesus dengan kematian-Nya di kayu salib dapat membayar seluruh surat hutang manusia dengan cara memakukan seluruh surat hutang itu di kayu salib sehingga kita yang percaya kepada Yesus beroleh penebusan dan diampuni dari segala dosa dan pelanggaran.

Kematian Yesus di kayu salib membuktikan bahwa Yesus telah melucuti semua pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa si jahat sehingga Dia menang atas si jahat.

Hal itu menggenapi Firman Tuhan dalam Kejadian 3:15 bahwa kepala dari ular itu akan dihancurkan oleh keturunan perempuan itu.

Dan keturunan dari perempuan itu adalah Yesus dan Yesus dengan kematian-Nya di kayu salib telah menghancurkan kuasa si jahat, yaitu kuasa terhadap dosa, sakit penyakit, kelemahan dan juga maut.

Dia berkata “Sudah Selesai” maksudnya kematian Yesus di kayu salib sudah menyelesaikan kuasa si jahat selama-lamanya dan Yesus dijadikan Raja Segala Raja.

Dengan apa yang dikerjakan oleh Yesus di kayu salib untuk kita maka kita harus menyadari dan memahami bahwa kita juga berhak dengan kuasa yang dapat menghancurkan seluruh pekerjaan dan perbuatan si jahat dan hidup berkemenangan.

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana saudara menikmati kemenangan Yesus di kayu salib ketika Dia melucuti pemerintahan si jahat!