MENGENAL SUARA-NYA SEBAGAI GEMBALA AGUNG

Penulis : Pdt. Robinson Saragih
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YOHANES 10:1-9

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah PENCURI yang Yesus maksudkan dalam cerita ini?
  2. Siapakah yang disebut sebagai gembala domba?
  3. Suara siapakah yang akan didengarkan oleh kawanan domba itu?
  4. Siapa yang akan diikuti oleh domba-domba itu?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, apakah yang YESUS maksudkan ada gembala yang masuk ke kandang tidak melalui pintu?

Yesus menyatakan juga bahwa YESUS adalah PINTU untuk masuk ke kandang domba-domba itu.

Saudara, sudah lama kita ketahui bahwa Pdt, adalah sebutan bagi orang-orang yang MENGGEMBALAKAN umatNya, atau Pdt adalah pemimpin bagi orang KRISTEN atau umat TUHAN.

Dan kita juga sudah tahu bahwa ada domba-domba yang mengaku domba atau orang KRISTEN tapi sebenarnya mereka belum jadi domba Allah karena mereka belum BERTOBAT dan belum LAHIR BARU, nah jadi jika ada domba seperti itu maka pasti ada juga Pdt yang bukan hamba Tuhan karena mereka juga belum lahir baru.

Nah mereka inilah yang dikatakan ada gembala yang masuk tapi tidak melalui pintu.

Apa pintu itu, YESUS mengatakan bahwa DIAlah PINTU kepada domba-domba itu.

Seseorang hanya bisa Masuk ke dalam YESUS ketika mereka sudah PERCAYA dan mengalami PERTOBATAN, dan selalu disertai dengan mereka memperoleh KARUNIA ROH KUDUS sebagai METERAI bahwa mereka MILIK ALLAH.

Efesus 1:13-14 “Di dalam Dia kamu juga,- ketika kamu telah mendengar firman kebenaran yaitu Injil keselamatanmu- di dalam Dia kamu juga ketika percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah. Untuk memuji kemuliaan-Nya.”

Ciri seorang domba yang benar adalah orang percaya yang sesungguhnya percaya kepada Yesus dengan hidup menurut firman TUHAN.

Seorang GEMBALA yang benar adalah GEMBALA yang hidup menurut pola dan aturan yang YESUS ajarkan melalui firman-Nya yang diilhamkan oleh ROH KUDUS.

Domba yang benar sangat mengenal suara gembalanya, dan suara gembala juga akan dikenal oleh domba yang benar.

Domba yang tidak benar tidak akan mendengarkan suara gembalanya karena mereka memang belum bisa mendengar dan belum bisa menikmati kebenaran dari suara gembala mereka.

Gembala yang tidak benar juga sulit didengarkan oleh domba yang benar karena sumber suaranya bukan ilham dari ROH KUDUS.

GEMBALA yang menyampaikan suara GEMBALA AGUNG yaitu YESUS KRISTUS melalui ILHAM ROH KUDUS pastilah didengarkan domba-domba yang di dalam batin mereka juga sudah ada ROH KUDUS, yang menjadi sumber suara itu. Jadi tidak ada perbedaan dan biasanya bisa dan dimengerti oleh BATIN atau HATI dari domba-domba yang benar itu.

Domba-domba ALLAH akan mendengarkan suara GEMBALA-GEMBALA yang juga masuk melalui PINTU yaitu YESUS KRISTUS.

Umat YESUS KRISTUS yang sudah lahir baru dan kemudian dia menjadi GEMBALA, maka dia akan menjadi gembala yang benar dan bukan pencuri atau perampok yang YESUS katakan.

Roh Kudus akan mengurapi gembala yang benar, sehingga domba-domba bisa mendengar suaranya.

Melalui gembala-gembala ini SUARA GEMBALA AGUNG dapat didengar, karena peranan ROH KUDUS, menyebabkan GEMBALA yang benar bisa dibedakan dengan gembala palsu, yang disebut oleh YESUS adalah PENCURI atau PERAMPOK.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN!

Apa sebab domba kadang-kadang sangat sulit mengerti atau tidak mau mendengar suara GEMBALANYA?