PEMIMPIN YANG MENGGEMBALAKAN UMAT-NYA

Penulis : Pdt. Robinson Saragih
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MATIUS 2:1-6

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Pada zaman siapa Kaisar ketika Yesus lahir di BETLEHEM EFRATA, dan siapa raja YAHUDI saat itu?
  2. Siapa yang datang dari daerah Timur, mengapa mereka mencari bayi yang baru lahir itu?
  3. Mengapa HERODES, dan penduduk YERUSALEM kaget atau terkejut?
  4. Menurut kabarnya di manakah raja Israel itu akan lahir?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, Yesus adalah keturunan YEHUDA jadi DIA adalah PEWARIS dari pemegang KERAJAAN YAHUDI, nabi YESAYA pernah bernubuat tentang DIA.

Yesaya 9:5-6 ”Sebab seorang anak telah lahir bagi kita, seorang putra telah diberikan untuk kita : lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan Namanya disebutkan orang : Penasehat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam Kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.”

YESUS adalah PEMIMPIN yang dinubuatkan dan telah ditetapkan oleh Allah Bapa-Nya, yang akan memimpin semesta ini, dan sebagai seorang pemimpin DIA juga pernah berkata bahwa DIA adalah seorang GEMBALA yang baik yang akan menggembalakan kawanan DOMBANYA.

Yohanes 10:11-16 “Akulah gembala yang baik, Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya, sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai beraikan domba-domba itu. Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu, Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-dombaKu dan domba-dombaKu mengenal Aku, sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa dan Aku memberikan nyawaKu bagi domba-dombaKu. Ada lagi padaKu domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini, domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarka suaraKu dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.”

Yesus adalah PEMIMPIN YANG AKAN MENGGEMBALAKAN kawanan manusia yang akan menjadi DOMBA-DOMBANYA. YESUSlah yang akan menggembalakan GEREJANYA, Dia yang akan MENUNTUN jemaatNya ke padang berumput hijau dan akan membawa domba-dombaNya minum pada genangan air tenang. Dan tidak seorangpun, sepatutnya domba Allah itu, mengalami KEKUATIRAN dan KETAKUTAN karena YESUS gembala yang tidak pernah tertidur dalam menjaga KEAMANAN DOMBA-DOMBANYA.

Mazmur 121:1-8 “Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung, dari manakah akan datang pertolonganku? Pertolonganku ialah dari Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi. Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel. TUHANlah Penjagamu, TUHANlah naunganmu di sebelah tangan kananmu. Matahari tidak menyakiti engkau pada waktu siang, atau bulan pada waktu malam. TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu. TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.” YESUS adalah TUHAN, Dia adalah PEMIMPIN yang MENGGEMBALAKAN umat-Nya. HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN!

Kalau YESUS adalah PEMIMPIN yang mengembalakan umat-Nya, mengapa banyak orang yang mengaku percaya hidup dalam kekurangan, berhutang dan hidup dalam kebodohan?