MEMAHAMI KASIHNYA

Penulis : Pdt. Robinson Saragih
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MAZMUR 23:1-6

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang menyebabkan Pemazmur tidak akan mengalami kekurangan?
  2. Apa pula yang menyebabkan dia tidak merasa takut?
  3. Apa yang menyebabkan Pemazmur dituntun dijalan yang benar oleh Sang Gembala?
  4. Apa yang disediakan oleh gembala itu bagi Pemazmur dihadapan lawan-lawannya?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, Daud seorang gembala kambing bagi domba-domba keluarganya.

Dia menggembalakan domba keluarganya dengan segenap hatinya.

Daud rela menyambung nyawanya untuk membela dan menggembalakan domba keluarganya.

Domba mereka tidaklah sangat banyak, namun Daud setia memelihara dan merawat bahkan untuk menjaga domba-domba itu.

I Samuel 17:28 Ketika Eliab, kakaknya yang tertua, mendengar perkataan Daud kepada orang-orang itu, bangkitlah marah Eliab kepada Daud sambil berkata : “Mengapa engkau datang? Dan pada siapakah kautinggalkan kambing domba yang dua tiga ekor itu di padang gurun? Aku kenal sifat pemberanimu dan kejahatan hatimu, engkau datang kemari dengan maksud melihat pertempuran. Tetapi Jawab Daud : “Apa yang telah kuperbuat? Hanya bertanya saja!”

Daud seorang yang pemberani, karena Daud mengenal Tuhan, dan menganggap dirinya adalah domba Allah, dan TUHAN ALLAH YAHWE adalah GEMBALA yang memelihara dan menjaga dirinya.

Bahkan Daud bersaksi kepada raja Saul, bagaimana dia bertempur dengan singa atau beruang yang mengganggu domba-domba peliharaannya.

I Samuel 17:31-37 “Terdengarlah kepada orang perkataan yang diucapkan oleh Daud, lalu diberitahukan kepada Saul. Dan Saul menyuruh memanggil dia. Berkatalah Daud kepada Saul:”Janganlah seseorang menjadi tawar hati karena dia; hambamu Ini akan pergi melawan orang Filistin itu. Tetapi Saul berkata kepada Daud : ”Tidak mungkin engkau dapat menghadapi orang Filistin itu untuk melawan dia, sebab engkau masih muda, sedang dia sejak dari masa mudanya telah menjadi prajurit. Tetapi Daud berkata kepada Saul : ”Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya, maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku akan menangkap janggutnya lalu menghajar dia dan membunuhnya. Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup.” Pula kata Daud : Tuhan yang melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang. Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.” Kata Saul kepada Daud : “Pergilah! Tuhan menyertai engkau.”

Pengenalan Daud dan kepercayaannya kepada TUHAN ALLAH YEHOVA, menyebabkan dia berani melawan GOLIAT tentara FILISTIN yang menantang orang Israel untuk duel, satu lawan satu.

Saul dan tentara Israel sebenarnya sudah ketakutan, dan mereka tidak berani memulai perang karena Goliat menantang satu lawan satu setiap prajurit Israel, cemoohannya terhadap Saul dan setiap tentara Israel, sangatlah menakutkan bagi tentara-tentara Israel.

PUJI TUHAN, DAUD ada di antara mereka, karena disuruh oleh ayahnya untuk menjenguk kakak-kakaknya yang turut pergi bertempur, Ayah mereka ingin tahu bagaimana kabar kakak-kakak Daud di medan laga pertempuran Israel melawan Filistin.

Ketika Daud mendengar cemoohan Goliat terhadap Saul dan seluruh tentara Israel, maka PENGURAPAN YANG TELAH menguasai Daud bekerja dan membangkitkan murka Daud terhadap orang yang melecehkan BARISAN TUHAN ALLAH, YEHOVA.

Daud bertindak dan mengandalkan Tuhan yang menjadi GEMBALA baginya, DAUD TIDAK TAKUT MENGHADAPI GOLIAT.

Ketika DAUD berlari menghadapi GOLIAT, DAUD membawa tongkat dan ali-ali untuk melawan GOLIAT :

I Samuel 17:40-47 “Lalu Daud mengambil tongkat di tangannya, dipilihnya dari dasar sungai lima batu yang licin dan ditaruhnya dalam kantung gembala yang dibawanya, yakni tempat batu-batu, sedang umbannya dipegangnya di tangannya. Demikianlah ia mendekati orang Filistin itu. Orang Filistin itu kian dekat menghampiri Daud dan di depannya orang yang membawa perisainya. Ketika orang Filistin itu menujukan pandangannya ke arah Daud serta melihat dia, dihinanya Daud itu karena ia masih muda, kemerah-merahan dan elok parasnya. Orang Filistin itu berkata kepada Daud : ”Anjingkah aku, maka engkau mendatangi aku dengan tongkat?” Lalu demi para allahnya orang Filistin itu mengutuki Daud. Pula orang Filistin itu berkata kepada Daud: “Hadapilah aku, maka aku akan memberikan dagingmu kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang di padang.” Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu : “Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu. Hari ini juga, Tuhan akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan akan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah. Dan supaya Jemaah itu tahu bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan TUHANlah pertempuran dan Ia pun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami.”   

DAUD mengalahkan orang Filistin itu dengan umban batu, demikian Daud membunuhnya tanpa pedang di tangannya.

Daud mendatangi mayat GOLIAT, dan mengambil pedangnya, dihunusnya dari sarungnya, lalu menghabisi dia.

Dipancungnyalah kepalanya dengan pedang itu.

Ketika orang-orang Filistin melihat, bahwa pahlawan mereka telah mati, maka larilah mereka semua.

Saudara, pengalaman Daud ini menambah keyakinan dia, bahwa YEHOVA ADALAH GEMBALA YANG BAIK, dimana telah terbukti bagi dia, gembala itu memelihara dia dalam segala hal, bahkan keamanan nyawanya juga telah terbukti aman di tangan GEMBALA YANG BAIK itu.

Oleh karena itu maka marilah kita juga mengikuti Langkah Daud, RELA MENJADI DOMBA BAGI TUHAN ALLAH, yang dipelihara oleh GEMBALA YANG BAIK, YESUS KRISTUS.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN!

Mengapa banyak orang yang stress karena KETAKUTAN?